BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Menghormati Orang di Dunia Maya atau Dumay

Cara Menghormati Orang di Dunia Maya atau Dumay


Cara Menghormati Orang di Dunia Maya atau Dumay

Paling enak adalah menulis santai berdasarkan pengalaman nyata sendiri tentang kejadian atau keadaan dalam kehidupan kita yang sebenarnya.

Anda semua saat ini, yang membaca tulisan ini pasti bersosialisasi di sosial media atau sosmed, medsos baik yang mengikuti Facebook, Twitter, Google Plus atau media sosial lainnya.

Di media-media sosial tersebut kita akan menemui orang banyak dengan berbagai perbedaan karakter. Karakter juga kadang dipengaruhi oleh usia seseorang, pengalaman seseorang, dan di jaman era teknologi digital saat ini kita harus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Nyaman rasanya kalau di sosmed, dunia maya (dumay) kita bertemu dengan orang-orang yang sopan dengan karakter wajar yang dipunyai oleh kebanyakan orang. Karakter wajar itu seperti apa? di bawah ini adalah contohnya:

  • Posting atau share kata-kata, kalimat, gambar, foto yang sopan, bermanfaat, dan bisa diterima oleh kebanyakan orang pada umumnya di TL atau Timeline.
  • Komen di status orang lain dengan menggunakan kata-kata, kalimat yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
  • Menyapa orang yang kita kenal atau orang yang belum kita kenal di DM (Direct Message), di inbox, messenger dengan cara sopan, menggunakan kata-kata, kalimat yang sopan.
  • Skip atau biarkan saja pemandangan yang tidak nyaman, karena mengingatkan orang itu kadang susah, juga sungkan apalagi kalau orang tersebut belum begitu kita kenal.

Masih banyak lagi cara lain untuk menghormati orang lain di dunia maya, tapi empat poin di atas adalah yang utama. Kita tidak bisa mengawal orang lain agar semuanya sesuai dengan yang diharapkan. Sosmed, dumay adalah tempat untuk berbagi informasi yang positif.

Respect, menerima perbedaan, berperilaku wajar, bersikap wajar adalah hal yang paling penting. Mari kita berfikir cerdas, bersikap cerdas di era digital ini!

Subscribe to receive free email updates: