BREAKING NEWS :
Loading...

Kecelakaan Speed Boat TKI Ilegal Menuju Batam (2/11/2016)

Kecelakaan Speed Boat TKI Ilegal Menuju Batam (2/11/2016)


Kecelakaan Speed Boat TKI Ilegal Menuju Batam (2/11/2016)

Hari ini Kamis 3 November 2016, dan tadi malam aku sempat membaca berita yang aku peroleh dari sosial media tentang kecelakaan kapal (speed boat) yang membawa TKI ilegal dari Johor Malaysia menuju Batam kemarin Rabu 2 November 2016.

Setelah aku menyelidiki tantang kebenarannya dari berbagai media, ternyata berita ini memang benar. Kecelakaan kapal ini terjadi kemarin malam, kapal yang terdiri dari 93 orang penumpang berasal dari Lombok, Jawa Tengah.

Tapi pagi ini sekali lagi aku membaca berita bahwa kapal tersebut terdiri dari 101 orang penumpang, 18 orang dikonfirmasikan meninggal dan belum diketahui tentang identitasnya (7 orang laki-laki dewasa, 10 perempuan dewasa, dan 1 anak perempuan), 39 orang ditemukan hidup, dan 44 orang sedang dicari oleh team penyelamat.


Kecelakaan Speed Boat TKI Ilegal Menuju Batam (2/11/2016)


Menurut sumber-sember informasi yang aku dapatkan, kapal tersebut tenggelam karena kelebihan muatan, menabrak karang, atau oleng karena ombak lautan yang besar. Turut sedih, berduka, dan prihatin setelah mendengar berita tersebut, dan ternyata masih banyak Tenaga Kerja ilegal di Malaysia hanya demi mencari nafkah, menghidupi keluarga.

Kenyataannya memang begitu, mereka bekerja di perkebunan, pekerja bangunan yang memang nekad untuk bekerja di Malaysia walau tanpa permit. Mereka mau menjadi tenaga kerja ilegal tentu saja karen berbagai alasan misalnya permit mahal, dll.

Dengan kejadian yang menyedihkan ini semoga pemerintah akan memberi kemudahan mereka yang ingin bekerja di negeri orang. Jarak antara Johor-Batam-Singapura memang dekat dan ternyata sampai saat ini kapal ilegal (tekong) masih beroperasi.

Subscribe to receive free email updates: