BREAKING NEWS :
Loading...

Supermoon 14 November 2016

Supermoon 14 November 2016


Supermoon 14 November 2016

Bulan (Moon) adalah pemandangan akrab di langit kita yang mencerahkan gelapnya malam dan mengingatkan kita tentang eksplorasi ruang angkasa dari dulu hingga sekarang. Supermoon akan terjadi lagi pada malam nanti: Senin 14 November 2016 dimana bulan akan terlihat sangat SUPER, merupakan  bulan purnama paling dekat dengan Bumi sejak tahun 1948. Kita tidak akan melihat supermoon seperti ini lagi sampai tahun 2034.

Orbit bulan saat mengelilingi bumi akan sedikit elips sehingga bulan kadang terlihat lebih dekat dan kadang lebih jauh. Saat bulan terlihat penuh dan lurus, juga dekat dengan Bumi itu dikenal sebagai supermoon. Pada titik di mana bulan 14 persen dekat dengan bumi. Saat terjadi Bulan Purnama, maka bulan akan tampak jauh lebih besar diameternya, bersinar 30 persen lebih cahaya bulan ke Bumi.


Supermoon 14 November 2016


Perbedaan jarak pada malam berikutnya akan sangat halus, dan kita bisa melihat supermoon berturut-turut selama tiga malam. Apabila Anda tidak punya kesempatan melihatnya untuk kali ini, Anda bisa menyaksikan supermoon terakhir di tahun 2016 pada tanggal 14 Desember. Tidak ada yang akan mengalahkan cerahnya, juga indahnya supermoon, dimana bulan akan berada pada titik-titik terdekat dengan Bumi (Earth).

Para ilmuwan NASA telah mempelajari bulan selama beberapa dekade. Pemahaman yang lebih baik dari bulan telah membantu para ilmuwan untuk menyimpulkan tentang apa yang terjadi di planet lain dan benda-benda yang ada pada tata surya. Bulan adalah Rosetta Stone, dan kita memahaminya sebagai sisa tata surya atau rest of the solar system (kata Petro).

LRO (Lunar Reconnaissance Orbiter) telah memetakan permukaan bulan dan menangkap gambar pada resolusi tinggi selama lebih dari tujuh tahun, tentang pemetaan yang luas dari para ilmuwan saat menyelidiki bulan, juga dalam memahami sejarah planet kita, serta benda-benda yang ada dari planet di luar sistem antara Bumi-Bulan.

NASA (credit)

Subscribe to receive free email updates: