BREAKING NEWS :
Loading...

Ibukota RI Pindah ke Kalimantan Timur?


Seperti yang aku baca bahwa Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan yaitu di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut telah disampaikan oleh Bpk Jokowi dalam sidang media di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin (26 Agustus 2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Bpk Jokowi.

Bpk Jokowi mengatakan bahwa keputusan tersebut dilakukan setelah pemerintah melakukan kajian intensif:

“Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan mengintensifkan kajiannya selama tiga tahun terakhir,” kata Presiden.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon reda Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak anggota dewan yang meminta, para sesepuh dan pemimpin bangsa dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya meminta izin untuk mengunjungi ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan, ” Kata Bpk Jokowi ketika itu.


Presiden Jokowi mengatakan, selama ini jantung atau pusat kegiatan ekonomi masih terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa.

Kegiatan ekonomi yang terpusat ini membuat Pulau Jawa menjadi sangat padat hingga terjadi ketempangan dengan pulau-pulau di luar Jawa.

Untuk itu, rencana pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan ditempatkan dalam konteks kesama-rataan.

Pemindahan akan dilakukan pada akhir tahun 2024 dan membabitkan $ 32,79 milyar. Pemerintah akan membiayai sekitar 19 persen dari dana dan yang lain dari sektor swasta.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa beban yang ditanggung oleh Jakarta dan Pulau Jawa sangat berat. Pulau Jawa dihuni 54 persen dari 270 juta penduduk Indonesia, ibu kota Jakarta memiliki 12 juta penduduk dengan masalah kesesakan, kepadatan dan kemacetan yang parah.

Subscribe to receive free email updates: