BREAKING NEWS :
Loading...

Manfaat 3 Gelas Kopi Sehari Bisa Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat 3 Gelas Kopi Sehari Bisa Mengurangi Resiko Kanker

Keutamaan minum kopi adalah relatif. Sudah diketahui secara umum bahwa meminum kopi atau espresso setiap hari bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, penyakit kardiovaskular, kecuali dalam kasus yang berlebihan atau pantang, juga bisa mengurangi resiko kanker rahim, melanoma dan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson.

Menurut dokter di University of Southern California, ianya akan memiliki satu tali lagi untuk efek perisai terhadap kanker kolorektal. Studi mereka yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, membandingkan gaya hidup 4.000 orang yang sehat dan 5.100 pasien kanker kolorektal selama kurang dari 6 bulan.

Dalam keputusannya didapati bahwa: ada lebih banyak penggemar kopi pada bagian pertama daripada yang kedua. Dosis yang diserap akan mempengaruhi tingkat perlindungan. Setelah disesuaikan dengan faktor risiko lain yang diketahui (seperti riwayat keluarga atau aktivitas fisik), tampaknya minum dua cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko sebesar 26%. Dan dua setengah cangkir itu membaginya menjadi dua.

Kafein bukan satu-satunya penyebab penyakit, karena penggemar kafein juga mendapat beberapa manfaat. Banyaknya polifenol antioksidan dalam kopi berperan dalam menghambat proliferasi sel kanker.

Namun jangan berlebihan: tidak lebih dari 3 gelas sehari dan jika mungkin minum dalam jangka waktu yang agak lama, dan dari makanan yang kita konsumsi juga tidak menghalangi penyerapan zat besi oleh usus.

Subscribe to receive free email updates: