Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Banyak dari kita semua yang mengalami "gangguan tidur" atau tidak bisa tidur nyenyak, mungkin karena tekanan atau stress, yang jelas kita harus mencari solusi atau mengantipasi agar kita bisa tidur dengan lebih baik. 

Jadi disini aku akan menuliskan beberapa tips dalam mempersiapkan tidur malam Anda agar bisa tidur nyenyak dan cukup:
  • Menerapkan pola makan seimbang pada waktu yang ditetapkan secara teratur.
  • Jangan menyalahgunakan eksitasi seperti kopi dan rokok.
  • Lakukan aktivitas fisik, atau setidaknya lakukanlah joging/berjalan selama setengah jam dalam sehari.
  • Mengekspos tubuh dengan cahaya, karena cahaya adalah regulator terbaik untuk diri kita.
  • Di tempat kerja harus memaksakan diri istirahat untuk relaksasi, itu memungkinkan untuk mengurangi stres dengan lebih efektif.
  • Jangan makan terlalu malam, setidaknya lakukanlah 2 jam sebelum tidur.
Setelah makan malam jangan lakukan hal ini:
  • Aktivitas fisik atau intelektual
  • Bermain komputer dengan layar yang sangat sangat terang
  • Mandi dengan air panas/hangat, karena sebelum tidur kita memerlukan suhu yang lebih rendah satu derajat pada saat tertidur. 
  • Sebaiknya mandilah sebelum makan malam.
  • Hati-hati ketika menonton televisi, karena kalau keasyikan menonton tv bisa-bisa menyebabkan tidur sampai larut malam, dan lupa bahwa Anda juga kelelahan.
Buatlah tempat tidur menjadi selesa, bersih dan rapi, karena tempat tidur juga merupakan faktor penting dalam memastikan tidur yang baik.

Untuk mengetahui tempat tidur yang baik harus:

Buatlah tubuh menjadi rileks dengan tidur terlentang, tubuh kita akan terlepas dari batasan gravitasi, otot dan tulang belakang menjadi rileks. Kasur juga harus selesa, sebaiknya bahu, pinggul dan bokong dapat sedikit memantul di kasur.

Hati-hati jika kasur terlalu keras, karena Anda akan merasakan titik-titik tekanan pada bahu dan pinggul yang bisa menyebabkan sirkulasi darah terhambat.

Belum lagi pilihan penting bantal yang harus memungkinkan untuk menyelaraskan kepala dan leher. Idealnya selama tidur, kepala dan leher harus dalam posisi yang sama seperti ketika berdiri, yaitu selaras satu sama lain, dan untuk mencegah kepala jatuh pada sudut untuk menghasilkan tortikolis (sakit pada leher).

Insomnia

Penderita insomnia dan orang-orang yang kurang tidur sering mudah tersinggung karena mereka belum memiliki waktu yang cukup pada malam hari. Untuk mengobati insomnia, masalahnya harus diambil secara keseluruhan, baik secara fisik maupun psikologis. Insomnia tidak boleh dianggap remeh dan dapat dirawat di pusat-pusat therapi kesehatan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Gangguan Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak"