Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Minum Kopi, Teh Hijau Setiap Hari Mungkin Baik Untuk Penderita Diabetes

Minum Kopi, Teh Hijau Setiap Hari Mungkin Baik Untuk Penderita Diabetes


Teh hijau dan kopi telah menjadi bagian dari sebagian besar minuman rutinitas harian kita yang bisa membantu kita merevitalisasi setiap saat di sepanjang hari. Tahukah Anda bahwa teh hijau dan kopi dikaitkan dengan pencegahan risiko kematian yang lebih rendah di antara penderita diabetes? Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa dengan mengkonsumsi minuman ini setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyebab apapun di antara penderita diabetes tipe 2. 

Untuk yang tidak berpengalaman, penyebab umum untuk hal sama dapat berupa masalah yang berhubungan dengan jantung, masalah hati, penyakit ginjal, dll. Selain itu, penderita diabetes lebih rentan terhadap penyakit peredaran darah, demensia, kanker, dan patah tulang. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal online BMJ Open Diabetes Research & Care.

Penelitian ini melibatkan 4923 peserta, dari 2.790 adalah laki-laki dan 2.133 adalah perempuan. Semua orang ini (usia rata-rata 66 tahun) menderita diabetes tipe 2 selama rata-rata lebih dari 5 tahun. Masing-masing peserta mengisi kuesioner makanan dan minuman terdiri dari 58 item, yang juga mencakup pertanyaan tentang berapa banyak teh hijau dan kopi yang mereka konsumsi setiap hari.


Minum Kopi, Teh Hijau Setiap Hari Mungkin Baik Untuk Penderita Diabetes


Ditemukan bahwa yang mengonsumsi 4 atau lebih cangkir teh hijau setiap hari dan 2 atau lebih cangkir kopi dikaitkan dengan risiko kematian 63 persen lebih rendah.

Ini adalah studi observasional: karena itu penyebabnya tidak dapat ditentukan. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa, "Studi kohort prospektif (prospective cohort study) ini menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih banyak secara signifikan terkait dengan penurunan semua penyebab kematian: efeknya mungkin bersifat aditif."

Berdasarkan penelitian ini kita dapat menyimpulkan, mari jadikan kopi dan teh hijau sebagai bagian dari minuman sehari-hari kita untuk gaya hidup yang sehat. Tapi selalu ingat agar mengatur, menjaga keseimbangan dan tidak terlalu berlebihan.

Post a Comment for "Minum Kopi, Teh Hijau Setiap Hari Mungkin Baik Untuk Penderita Diabetes"