Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda

Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda


Sederhananya bahwa gaya hidup sehat adalah cara hidup yang bisa mengurangi dan mencegah risiko Anda terkena penyakit kronis. Meskipun kita tidak dapat mencegah semua penyakit, tapi banyak penyakit serius yang dapat dicegah dengan mengadopsi jenis perilaku tertentu dan menghindari yang lain.

Penyakit tidak menular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, namun diyakini bahwa itu terkait dengan faktor gaya hidup seperti obesitas, aktivitas fisik, merokok, dan pola makan yang buruk. Penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru bersama-sama menyumbang sepertiga dari semua kematian setiap tahun di negara-negara berpenghasilan tinggi, dengan penggunaan tembakau disebut-sebut sebagai risiko terbesar yang ditimbulkan sendiri terhadap kesehatan.

Satu meta-analisis besar baru-baru ini menunjukkan bahwa individu yang mengadopsi gaya hidup tidak sehat termasuk merokok, penggunaan tembakau, konsumsi alkohol berlebihan, kurang olahraga, dan pola makan tidak sehat memiliki risiko kematian 66% lebih tinggi daripada mereka yang mengadopsi setidaknya empat perilaku sehat.

Namun gaya hidup sehat tidak hanya berkaitan dengan terhindarnya penyakit dan kematian, tetapi juga tentang peningkatan pada aspek sosial, mental dan fisik agar dapat menikmati lebih banyak aspek kehidupan yang lebih lama.

Apa ciri-ciri penting dari gaya hidup sehat?

Satu study kohort prospektif skala besar yang dilakukan di Amerika Serikat menganalisis perilaku kesehatan dari sekitar 120.000 orang dewasa selama periode tiga puluh tahun dan menggunakan informasi ini untuk memahami bagaimana faktor gaya hidup dapat memengaruhi umur dan risiko kematian akibat penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan kanker. Mereka mengidentifikasi beberapa karakteristik sehat seperti di bawah ini:


Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda


Diet sehat

Pola makan sehat melibatkan pemakanan berbagai makanan dalam proporsi yang benar dan mengonsumsi asupan kalori yang memungkinkan untuk menjaga berat badan yang sehat. Meskipun ini berbeda-beda untuk setiap orang, sebagai panduan umum ini harus mencakup:

Diet yang sehat

Pola makan yang sehat melibatkan makan berbagai makanan dalam proporsi yang benar dan mengonsumsi asupan kalori yang memungkinkan untuk menjaga berat badan yang sehat. Meskipun ini berbeda-beda untuk setiap orang, sebagai panduan umum ini harus mencakup:

Setidaknya lima porsi buah dan sayuran per-hari, yang merupakan sepertiga dari asupan makanan harian Anda. Bukti menunjukkan bahwa orang yang memenuhi persyaratan ini berisiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. 

Satu meta-analisis menemukan hubungan respon-dosis antara asupan buah dan sayuran dan penyakit, dengan risiko kematian akibat penyakit jantung turun 8% per-porsi buah atau sayuran yang dikonsumsi setiap hari, hingga sepuluh porsi, sementara risiko kanker menurun. sebesar 3% per-porsi.

Makanan bertepung, terutama varietas gandum yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada varietas putih. Biji-bijian utuh telah terbukti dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung serta meningkatkan bakteri usus yang sehat.

Protein tanpa lemak, terutama ikan, telur, dan daging putih yang penting untuk perbaikan sel, juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral.

Makanan olahan susu dan alternatifnya, yang merupakan sumber protein yang baik dan menyediakan asupan kalsium.


Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda


Jumlah lemak tak jenuh yang terbatas

Aktivitas fisik

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa semua orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik secara teratur termasuk setidaknya tiga puluh menit aktivitas aerobik sedang setiap hari, ditambah dengan setidaknya dua sesi aktivitas menahan beban per-minggu. Menjadi bugar secara fisik bisa membuat kita terhindar dari penyakit seperti penyakit kardiovaskular, beberapa jenis kanker, diabetes mellitus, osteoporosis dan membantu pencegahan sekunder (yaitu memburuknya gejala) dari gangguan tersebut.

Berat badan yang sehat

Menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan melindungi dari berbagai penyakit. Indeks massa tubuh (IMT), yang merupakan taksiran lemak tubuh dihitung dengan menggunakan tinggi dan berat badan, dapat menjadi indikator yang berguna untuk mengetahui apakah berat badan itu sehat. Skor BMI normal berkisar antara 18,5 dan 24,9, skor 25,0 - 29,9 menunjukkan bahwa seseorang kelebihan berat badan dan skor 30+ menunjukkan obesitas. Skor BMI berkorelasi positif dengan risiko penyakit, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan peningkatan risiko beberapa penyakit termasuk:

  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit jantung
  • Penyakit hati (liver)
  • Hipertensi
  • Gangguan mood
  • Gangguan reproduksi
  • Resiko kanker

Kelebihan berat badan atau obesitas berkontribusi pada perkembangan penyakit dengan mengubah profil hormonal dan metabolisme dan dengan menempatkan beban fisik yang meningkat pada berbagai bagian tubuh dan organ.


Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda


Penggunaan tembakau

Tidak ada tingkat penggunaan tembakau dan perilaku merokok yang aman, sehingga hasil kesehatan terbesar dikaitkan dengan tidak pernah merokok.

Sekitar delapan juta orang per-tahun meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan merokok, dengan sekitar 70% dari semua kasus kanker paru-paru disebabkan langsung oleh merokok. Ini juga menyebabkan kanker di banyak area tubuh lainnya termasuk kerongkongan, mulut, tenggorokan, pankreas, perut dan hati. Merokok merusak jaringan dan sirkulasi jantung, meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, penyakit pembuluh darah, dan infark miokard.

Selain itu, merokok dapat merusak jaringan paru-paru, menyebabkan gangguan paru obstruktif kronik dan pneumonia, serta memperburuk gejala gangguan pernapasan.

Asupan alkohol sedang

Tingkat konsumsi alkohol yang moderat berarti antara satu dan dua minuman per-hari untuk pria dan satu minuman per-hari untuk wanita. Mengkonsumsi alkohol di atas level ini akan meningkatkan risiko hasil kesehatan yang buruk. Misalnya, konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kardiomiopati, dan aritmia jantung.

Mengingat peran hati dalam menetralkan zat beracun dalam tubuh, hati sangat rentan terhadap alkohol. Penyakit hati yang terkait dengan alkohol adalah seperti hati berlemak, berkembang pada kebanyakan orang yang secara teratur mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. Dalam kasus yang serius, sel-sel hati menjadi meradang dan mati. Ini diganti dengan jaringan parut, yang menyebabkan sirosis hati, penyakit yang tidak dapat disembuhkan yang akhirnya mengakibatkan kematian jika tidak diobati.

1 comment for " Panduan Gaya Hidup Sehat Yang Sangat Penting Untuk Anda"

  1. Sedang butuh alat alat kesehatan untuk daerah Halmahera Utara ? Yuk segera cara di Distributor Alat Kesehatan Halmahera Utara

    ReplyDelete