Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pernyataan WHO Tentang Keamanan Vaksin AstraZeneca COVID-19

Pernyataan WHO Tentang Keamanan Vaksin AstraZeneca COVID-19


Pernyataan WHO tentang keamanan vaksin AstraZeneca COVID-19 setelah terjadinya simpang siur tentang vaksin tersebut. Entri ini aku ambil dari sumber WHO (World Health Organization) dan semoga akan membuat kita jelas.

Beberapa negara di Uni Eropa telah menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca COVID-19 sebagai tindakan pencegahan berdasarkan laporan kelainan pada pembekuan darah yang jarang terjadi pada orang yang telah menerima vaksin. Negara lain di UE, setelah mempertimbangkan informasi yang sama telah memutuskan untuk terus menggunakan vaksin dalam program imunisasi mereka.

Vaksinasi COVID-19 tidak akan mengurangi penyakit atau kematian akibat penyebab lain. Peristiwa tromboemboli diketahui sering terjadi. Tromboemboli vena adalah penyakit kardiovaskular ketiga tersering secara global.

Dalam kampanye vaksinasi ekstensif, merupakan hal rutin bagi negara-negara untuk memberi sinyal potensi efek samping setelah imunisasi. Ini tidak berarti bahwa kejadian tersebut terkait dengan vaksinasi itu sendiri, tetapi merupakan praktek yang baik untuk menyelidikinya. Ini juga menunjukkan bahwa sistem pengawasan berfungsi, dan bahwa kontrol yang efektif tersedia.

WHO secara teratur menghubungi Badan Obat Eropa (European Medicines Agency) dan regulator di seluruh dunia untuk mendapatkan informasi terbaru tentang keamanan vaksin COVID-19. Subkomite COVID-19 WHO dari Komite Penasihat Global (Global Advisory Committee) untuk Keamanan Vaksin sedang menilai dengan cermat data keamanan terbaru yang tersedia untuk vaksin AstraZeneca. Setelah peninjauan tersebut selesai, WHO akan segera mengkomunikasikan temuan tersebut kepada publik.

Saat ini, WHO menganggap bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan agar vaksinasi dilanjutkan.

Post a Comment for "Pernyataan WHO Tentang Keamanan Vaksin AstraZeneca COVID-19"