Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri

Cara mudah mendidik anak agar mandiri adalah entri yang akan aku tuliskan saat ini. Mandiri artinya tidak menggantungkan kepada orang lain selama masih bisa mengerjakan, menyelesaikan sendiri. Mandiri berarti tidak menyusahkan, tidak merepotkan orang lain. 

Selagi aku bisa mengerjakan sendiri, melakukan sendiri maka aku tidak akan meminta pertolongan orang lain.

BIASAKAN SEJAK KECIL DI USIA DINI

Sejak usia balita atau bayi dibawah lima tahun kita sudah harus mengajari, membiasakan agar anak mandiri atau melakukan sesuatu hal sendiri, tidak harus ditolong selama anak mampu untuk melakukannya contohnya dimulai dengan hal-hal yang simple seperti mengambil mainan sendiri, makan sendiri tanpa harus disuapi, bangun sendiri apabila terjatuh. Disini orang tua juga harus tegas, halus dalam menjaga, mendidik, mengajari anak dimulai dari usia dini.

JANGAN BIASA MEMANJAKAN ANAK

Manja ada dua jenis, yaitu manja karena sayang contonya membelai sayang kepada anak, sebagai tanda sayang yang selalu ditunjukkan agar hati anak menjadi senang gembira hal itu wajar kalau kita lakukan. Jenis manja yang kedua adalah manja dengan cara memberikan semua yang anak inginkan. Terlalu memanjakan anak jenis yang kedua adalah salah, yaitu kalau orang tua memberi semua yang anak inginkan karena hal itu bisa menjadikan anak selalu menggantungkan orang tua, orang lain dan menjadikan anak tidak bisa mandiri.


Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri

JANGAN SELALU MENGATUR ANAK

Orang tua akan mengatur anaknya tentang apa yang harus dilakukan. Yang benar adalah mengarahkan bukan mengatur, yaitu mengarahkan yang terbaik yang harus dilakukan. Terlalu mengatur anak dari usia dini sampai usia remaja, dewasa akan menjadikan anak tidak bisa mandiri. Contohnya anak harus selalu menuruti semua kemauan orang tua padahal tidak sesuai dengan keinginan anak. Lebih baik antara anak dan orang tua selalu membicarakan, musyawarah tentang apa yang harus dilakukan sesuai kemauan, kemampuan anak hingga antara anak dan orang tua bisa mencapai kesepakatan bersama.

BIASAKAN, AJARI ANAK MENYELESAIKAN MASALAHNYA SENDIRI

Mengajari anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri harus diterapkan sejak dini. Orang tua boleh mengontrol anaknya agar anak tidak salah langkah dalam hidupnya tetapi jangan sampai membuat anak tertekan. Dalam menasehati anak harus tegas, dilakukan pada saat yang tepat, ketika anak dalam keadaan santai agar mudah diterima dan diterapkan. Selama anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri orang tua tidak harus ikut campur. Disini orang tua juga harus berperan, dimulai dari hal yang simple dimulai dari usia dini hingga akan terbiasa sampai usianya dewasa.


Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri


Tidak ada hal yang susah untuk dilakukan apapun itu termasuk dalam menyelesaikan masalah, mencari solusi kalau hal itu sudah terbiasa, dibiasakan sejak awal sehingga tidak ada kata terlambat di kemudian hari. Masa depan anak Anda tergantung kepada didikan orang tua sejak dini. Pelajaran, pendidikan yang pertama dimulai dari rumah, dari orang tua. 

Post a Comment for "Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri"