Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Fungsi Zinc Untuk Tubuh Kita

Manfaat dan Fungsi Zinc Untuk Tubuh Kita


Zinc adalah nutrisi penting untuk tunuh kita, tetapi kata para ahli lebih bagus mendapatkannya dari makanan bukan dari suplemen.

Jika Anda termasuk di antara 38 % orang yang kehilangan indera perasa setelah terkena infeksi COVID, Anda tahu bagaimana rasanya menggigit taco renyah atau menjilat rasa es krim favorit Anda tapi menyadari ada sesuatu yang hilang. Bagi sebagian besar dari kita, makanan gurih dan beraroma adalah salah satu kesenangan hidup yang luar biasa, pengalaman yang menggugah dan diperkaya selera, sebagian karena sedikit mineral yang disebut zinc.

Zinc memiliki lebih banyak hal yang ditawarkan daripada meningkatkan indera perasa seseorang, adalah nutrisi yang memainkan peran kunci dalam lebih dari 100 tindakan dalam tubuh kita, seperti yang dikatakan Kate Zeratsky seorang ahli gizi terdaftar di Mayo Clinic,Rochester, MN.

Apa fungsi dari zinc?

Zinc adalah mineral penting yang ditemukan dalam sel di seluruh tubuh kita, namun tidak diproduksi di dalam tubuh dan harus didapatkan melalui suplementasi atau konsumsi makanan dan minuman yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, dan juga diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, juga fungsi saraf, kata Uma Naidoo, MD seorang direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan penulis buku berjudul: This is Your Brain on Food.

Zeratsky mengatakan enzim semacam itu bersama dengan protein dan gen, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, dan untuk pemeliharaan sistem kekebalan, kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Zinc juga memainkan peran utama dalam pembuatan DNA, pertumbuhan sel dan penyembuhan jaringan yang rusak. Bentuk permennya sering dikaitkan dengan pencegahan atau perbaikan gejala flu biasa, tetapi Zeratsky mengatakan penelitian semacam itu tidak kuat. Zinc bagaimanapun merupakan pengobatan yang efektif untuk diare akut pada anak-anak, katanya. Penelitian menunjukkan itu juga dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia, kondisi mata yang menurunkan penglihatan pada beberapa orang.

Seperti disebutkan sebelumnya zinc juga terlibat dalam difusi rangsangan rasa pada indera perasa seseorang dan kadang-kadang digunakan sebagai pengobatan untuk gangguan rasa sebagai akibatnya.

Apa saja gejala defisiensi zinc?

Selain memengaruhi kemampuan seseorang untuk merasakan, gejala defisiensi zinc termasuk sistem kekebalan yang melemah, rambut rontok, impotensi, masalah mata, dan beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kadar seng yang rendah dan risiko depresi, kata Naidoo. Dia menambahkan bahwa kekurangan zinc juga terkait dengan ADHD pada anak-anak.

Kabar baiknya adalah, The National Institutes of Health (NIH) mengatakan kekurangan zinc jarang terjadi di Amerika Serikat. Meski begitu, karena zinc adalah trace mineral, Naidoo mengatakan sulit untuk mendeteksi kekurangan kecuali jika dicari secara khusus. "Jika Anda khawatir kekurangan zinc, dokter Anda dapat memesan tes yang tepat untuk memeriksanya.''

Apakah baik mengonsumsi zeng setiap hari?

Mengonsumsi terlalu banyak zinc dapat mengganggu penyerapan tembaga atau besi dan bahkan menjadi racun, kata Naidoo, tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai suplemen biasa. Kantor Suplemen Makanan NIH merekomendasikan pria dewasa untuk mendapatkan 11 miligram mineral setiap hari, dan untuk wanita dewasa untuk mendapatkan 8 miligram zinc selama periode waktu yang sama, lebih banyak untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Kebanyakan orang mendapatkan tingkat tersebut melalui diet seimbang. Makanan kaya mineral termasuk makanan laut terutama kerang, bersama dengan daging sapi, daging unggas, susu dan yogurt yang diperkaya, nasi, telur, sereal dan gandum, lentil, dan biji labu. "Makanan lebih direkomendasikan daripada suplemen," kata Zeratsky.

Source: usatoday

Post a Comment for "Manfaat dan Fungsi Zinc Untuk Tubuh Kita"