Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Artinya Phising? Baca Selengkapnya Disini

Apa Artinya Phising? Baca Selengkapnya Disini



Di entri sebelumnya aku telah menuliskan tentang arti SCAM atau Scammer, dan pada entri sekarang ini aku akan menuliskan arti lengkap tentang PHISING. Di era digital teknologi yang semakin maju ini kita harus menggunakan internet atau sosial media dengan cerdas jangan sampai terjebak oleh penipuan.

Apa Artinya Phising? Baca Selengkapnya Disini

Phishing adalah jenis kejahatan dunia maya yang melibatkan penipuan individu agar mengungkapkan data informasi pribadi yang sensitif, seperti kata sandi dan nomor kartu kredit, biasanya dilakukan oleh pelakunya melalui email atau situs web yang sebenarnya menipu. Komunikasi tersebut sering kali tampak yakin berasal dari perusahaan atau organisasi terkemuka dan mungkin meminta Anda untuk memverifikasi atau memperbarui detail data rahasia pribadi Anda dengan mengeklik tautan atau link yang mengarah ke situs web tertentu dan itu sebenarnya web palsu yang dirancang untuk mencuri informasi rahasia pribadi Anda.



Apa Artinya Phising? Baca Selengkapnya Disini



Berikut penjelasan lebih detailnya tentang PHISING:

Phishing adalah bentuk rekayasa sosial di mana penyerang menyamar sebagai institusi atau kontak yang sah untuk memikat individu agar memberikan data yang sensitif. Data ini kemudian dapat digunakan untuk tujuan jahat seperti pencurian identitas atau kerugian finansial. Istilah phishing adalah plesetan dari kata fishing, karena melibatkan penggunaan umpan (seperti email palsu) untuk memancing (fish) informasi pribadi dari laut pengguna internet.

Serangan phishing bisa datang dalam berbagai bentuk, antara lain phishing email, spear phishing (targeted attacks), vishing (phishing suara), dan smishing (phishing SMS). Penting untuk berhati-hati dan memverifikasi keaslian setiap permintaan tentang informasi pribadi Anda, terutama jika permintaan tersebut berasal dari komunikasi seseorang yang datang tidak diminta atau tidak terduga alias secara mendadak dan memojokkan.

Contoh: Ketika Anda mendapat email dari seseorang yang tidak dikenal dan bukan dari instansi yang resmi dan berhubungan dengan keuangan, maka berhati-hatilah jangan sampai terjebak. Biasanya isi email tersebut seperti benar-benar nyata dan memojokkan, sebaiknya jangan ditanggapi tapi langsung dihapus saja sebelum uang Anda melayang dan ludes.

Post a Comment for "Apa Artinya Phising? Baca Selengkapnya Disini"