loveheaven07

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng

Aku akan berbagi resep buatanku sendiri yaitu rempeyek kacang yang renyah sekali goreng, anda suka makan rempeyek kacang? Rempeyek kayang yang akan aku bagikan resepnya ini adalah sekali goreng jadi tidak usah susah-susah menggorengnya 2 kali dan dijamin rasanya juga renyah karena saya sudah sering membuatnya dan yang penting mengetahui caranya.

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Rempeyek Kacang Buatanku

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng:

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Bumbu Dan Bahan Rempeyek Kacang

Bahan-bahan dan bumbunya adalah seperti pada gambar di atas, tekan gambar di atas untuk memperbesar agar kelihatan jelas dan cara membuatnya adalah seperti berikut:

Cara membuat adonan:

Dengan cara membuat adonan tepung tapioca dan tepung beras dicampur dengan menggunakan air dan santan kelapa juga sebiji telur, aduk hingga rata dan jangan terlalu kental tapi sebaiknya yang cuer saja tapi jangan cuer banget, so pintar-pintarlah mengira-kira sendiri. Selanjudnya cuci dahulu bumbu-bumbunya dengan bersih kemudian tumbuk sampai halus menggunakan penumbuk/cobek atau boleh juga diblender.

Kalau bumbu-bumbunya sudah ditumbuk dengan halus, campurkan kedalam adonan tepung tadi, aduk hingga rata, untuk daun jeruk purutnya boleh juga diiris dengan halus kalau tidak ingin menumbuknya. Kalau semua adonan dan bumbu sudah siap, masukkan kacang tanahnya, boleh juga kacang tanahnya dirajang caranya adalah tiap 1 biji kacang tanah dirajang/dibagi/dipotong menjadi 2.


Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Cara Menggoreng Rempeyek Kacang

Cara menggorengnya:

Seperti dalam judul entri resep ini adalah resep membuat rempeyek kacang yang renyah sekali goreng, so memang harus tahu tehnik menggorengnya agar hasilnya maksimal memuaskan. Selain itu dalam menggorengnya juga diperlukan kesabaran hehe...Adonan tepung dan kacang yang sudah siap, siap juga dioreng, siapkan wajan atau teflon yang anti lengket, lebih bagus dengan menggunakan minyak yang banyak yaitu 1 liter minyak goreng agar muat banyak dan cepat menggorengnya.

Apabila minyak goreng sudah disiapkan dalam wajan, nyalakan api kompor, panaskan minyak hingga mengeluarkan uap/harus benar-benar panas, kemudian goreng adonan peyek dengan menggunakan takaran sendok sop/sendok yang besar, taruh kedalam tepi-tepi wajan saat menggoreng/memasukkan adonannya dengan sendok seperti gambar di atas, setelah itu api kompor kecilkan saja/api yang sedang jangan terlalu besar agar tidak gosong dan agar kacangnya bisa benar-benar masak/renyah (lihat contoh gambar di atas).

Kalau warna peyek yang digoreng sudah kekuning-kuningan/adonan tepung sudah agak mengeras, balik gorengan peyeknya, kalau warnanya sudah kuning dan tepunng adonan dan kacang juga sudah kering/matang, angkat gorengan peyek dengan menggunakan serok, tiriskan dulu dalam panci baru dimasukkan kedalam wadah, taruh gorengan peyek kedalam toples apabila sudah dingin.

Sebenarnya adonan peyek seperti dalam resep diatas juga bisa digunakan untuk membuat peyek yang lain contohnya peyek kedelai, peyek teri, peyek udang atau peyek kacang hijau dan bisa juga dengan sekali goreng. Itulah Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng dari aku,  mudah sekali kan? selamat mencoba.

20 komentar:

  1. saya paling suka sama rempeyek kacang, wah ada resepnya juga bisa dipraktekkin nih, makasih sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang2 susah tau bikin rampeyek itu
      Aq aja sampe bolak balik k warung
      Keenceran lah
      Kuran santan lah

      Hapus
  2. gampang saja sebenarnya mbikin peyek, iya sama2

    BalasHapus
  3. nggak usah dikasih air kapur sirih ya mbak? Kata orang2 kalau mau renyah pakai air kapur sirih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih boleh enggak juga boleh, kalau aku mbuatnya gak aku kasih soalnya udah makai santan ma tepung tapioka yang mbikin renyah :D

      Hapus
  4. nyontek resepnya ya mbak :) makasih

    BalasHapus
  5. thanks yach mba... btw santannya kental atau encer mba...?

    BalasHapus
  6. thanks yach mba... mau coba ah..

    BalasHapus
  7. jangan kental, tapi yang encer aja, dan harus pinter mengatur api gas jangan gede2 :D

    BalasHapus
  8. hii mba mau nanya nih kalo tepung tapioka nya di ganti sama potato starch bisa nggak yah? dan takaran santan nya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah nyoba pakai potato starch tapi saya pikir bisa juga, santannya 200 ml

      Hapus
  9. Balasan
    1. makaasih banyak udah dicobain tetangga nih...Bogor cigombong

      Hapus
  10. mba . sy lg nyobain nh bkin peyek.. tp knp ga renyah ya klu msak kekuningannn. mlah nunggu coklat dlu bru renyah.. jd sebel pgn sy buang adonannya... haha... tlg solusinya mba.. ap yg slah ya...maklum sy bru bljar msak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang membuat renyah peyek adalah santan, agar renyah sebaiknya adonan jangan terlalu kental, yang cuer aja, terus waktu mulai menggoreng pastikan minyaknya benar-benar sudah maksimal panas, setelah itu mulailah menggorengnya dengan cara menaruh di tepi-tepi wajan dengan cetakan sendok yang besar, terus saat proses menggoreh haru mengontrol api jangan terlalu besar, rajin membalik peyek -+ 3x, tepungnya sebenarnya cepat kering, tapi kacangnya keringnya agak lama, peyek yang telah masak warnanya kuning kecoklatan, kalau api kebesaran bakal gosong, so dalam membuat peyek ini memang dibutuhkan kesabaran hehehe....

      Hapus
  11. Kalau pakai santan jadi juga bisa renyah gak mbak...n kalau bikin gorengannya kesat gimana mbak biar kalo dikemas jadi awet tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. santan atau air kapur sirih membuat peyek jadi renyah, kalau mau gorengannya kasat sebaiknya adonan tepung agak kental, goreng 2 kali, pertama goreng sampai alum, angkat.....selepas itu goreng lagi setelah dingin

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PUISIKU ABOUT ME Privacy Policy DISCLAIMER

©2017-Blog Personal Loveheaven07 Design oleh Ananda YGK