Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo

Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo


Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo

Untuk Anda yang berdomisili di Yogyakarta atau Jawa Tengah daerah sekitar Magelang, Muntilan atau Purworejo pasti tahu tentang Wisata Gunung Suroloyo Bukit Menoreh, karena memang letaknya berdekatan dengan daerah tersebut, yang tepatnya berada di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Bagi Anda yang juga suka hunting foto, maka Suroloyo juga merupakan tempat yang cocok, bagus untuk difoto. Pada tiap tanggal 1 Muharam atau 1 Suro di Puncak suroloya akan diadakan even menarik berupa atraksi kesenian seperti kuda lumping, karnaval, juga pemandian Pusaka Keraton Yogyakarta. Setiap Tanggal 1 Suro, Puncak Suroloyo pasti ramai didatangi pengunjung yang juga berasal dari luar Samigaluh.


Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo


Aku sendiri juga lebih suka untuk mengambil foto atau memotret daerah yang nature, natural, alami seperti suasana di pegunungan, sungai atau daerah pedesaan. Berwisata atau travelling sambil hunting foto merupakan hal yang mengasyikkan terutama untuk yang punya hobby adventures, berpetualang, mendaki gunung.


Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo


Tempat wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh memang berada di daerah terpencil pedesaan Samigaluh, tapi walau letaknya di desa, jalan untuk kesana sudahlah lancar dan kalau dari Jogja bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Dari godean ke barat terus nanti akan sampai ke Jembatan Ngapak Kali Progo yaitu jembatan perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.


Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo


Setelah melewati jembatan tersebut, tidak jauh dari situ akan sampai ke perempatan Kentheng, Nanggulan: arah ke selatan menuju Sentolo, arah ke barat menuju Goa Kiskendo, Girimulyo, nah untuk mencapai Gunung Suroloyo ikutilah arah yang ke utara terus kurang lebih 30 menit akan sampai pertigaan Desa Dekso, Kalibawang, ikuti arah ke barat jurusan Samigaluh.

Setelah sampai kantor Kecamatan Samigaluh, tidak jauh dari situ ada pertigaan Desa Totogan, belok ke kanan adalah arah ke Puncak Suroloyo yang letak gunungnya tidak jauh dari situ. Tidak usah khawatir karena di sepanjang jalan dari perempatan Kentheng Nanggulan banyak petunjuk tulisan plakat jalan.


Wisata Puncak Gunung Suroloyo Bukit Menoreh Kulon Progo


Aku sebagai orang yang punya kampung berdekatan dengan Gunung Suroloyo merasa punya kewajiban untuk memperkenalkan wisata terpencil Suroloyo yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata pegunungan yang lain. Samigaluh terkenal dengan pertanian cengkeh yang merupakan penghasilan utama penduduk Samigaluh, cengkeh akan berbuah setahun sekali.

Sebenarnya banyak keunikan yang dimiliki oleh kampung kami seperti ladang perkebunan teh, kalau makanan yang terkenal disana adalah seperti geblek yaitu makanan yang terbuat dari singkong, atau gula aren, makanan lanthing, madu asli, dll. Yang jelas wisata puncak Suroloyo memang merupakan wisata alami dan menarik, dari Puncak Suroloyo Bukit Menoreh  juga akan terlihat Candi Borobudur, Magelang kalau cuaca cerah. Untuk lebih jelasnya Anda juga bisa membaca artikel tentang SUROLOYO SAMIGALUH.



Jembatan Ngapak atau Kali Progo