Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dan Arti Twitter

Sejarah Dan Arti Twitter

Sejarah Dan Arti Twitter

Kata retweetcyberbullying, dan sexting kini masuk dalam kamus Concise, Oxford English Dictionary edisi terbaru. Kata-kata tersebut menambah jajaran kosakata yang dipungut dari ranah maya setelah sebelumnya sejumlah kamus juga memasukkan kata googling.
Edisi ke-12 kamus yang lahir pada 1911 ini memuat 400 kata baru dari total 240.000 kata yang ada di dalamnya, termasuk istilah-istilah dari dunia teknologi dan tren sosial.
Kamus yang kini berusia seabad ini juga memasukkan kata woot (biasa digunakan dalam komunikasi elektronik untuk mengungkapkan kegembiraan, antusiasme, atau kemenangan) dan jeggings (paduan antara leggings dan jean). 

Ada juga marconigram (pesan nirkabel), kinematograph (perangkat untuk menghasilkan gambar bergerak), dan biplane (pesawat dengan dua set sayap.
Kata retweet sendiri banyak dipakai di ranah maya, yang merupakan sebuah kata kerja yang berarti melanjutkan pesan di layanan microblogging Twitter. Sexting berarti mengirimkan pesan bernuansa seksual, sedangkan cyberbullying berarti menggunakan teknologi komunikasi untuk mengintimidasi atau mengganggu.
Kamus Concise Oxford English Dictionary disusun oleh dua bersaudara Henry dan George Fowler. Edisi pertamanya dibuat di pondok mereka di Guernsey pada 1911, memuat kata blouse(baju kerja berbentuk longgar terbuat dari linen) dan frock (jubah biarawan).

Kata-kata baru kemudian ditambahkan seiring perkembangan zaman. Pemilihan kata dilakukan dengan memungut kata-kata tertentu dari situs web dan bahan tulisan lainnya, lalu disimpan dalam basis data yang memuat 2 miliar kata. Kosakata yang dimasukkan dalam kamus adalah kata-kata yang diyakini sering muncul di berbagai sumber.
"Begitulah cara kerja sebuah kamus," kata Angus Stevenson, editor kamus Oxford. "Kami mengumpulkan bukti sebanyak mungkin sehingga kami tahu bahwa kata tersebut tidak hanya digunakan oleh segelintir orang dan tidak akan musnah. Jadi tidak ada diskusi panel para menteri kabinet atau semacam itu untuk menentukan kata-kata baru." Sejarah Dan Arti Twitter.

1 comment for "Sejarah Dan Arti Twitter"

  1. wah baru tahu kalo ngetweet masuk dalam kamus oxford.. :D

    ReplyDelete