BREAKING NEWS :
Loading...

Keburukan tidur sehabis subuh


Keburukan tidur sehabis subuh
Keburukan tidur sehabis subuh 

Tidur sehabis subuh? bagi kita yang pagi-pagi harus berangkat kerja tidak mungkin tidur sehabis subuh kan, tapi bagaimana kalau pas cuti/prei misal pas hari minggu,atau yang kerja agak siang, kadang sehabis subuh pun ingin tidur lagi seperti ada syetan yang membisikkan di telinga kita, tidur lagi saja ah hehehe...tidak ada dalil yang melarang tidur sehabis subuh sebenarnya sih, mubah saja hukumnya berarti tidak dosa apabila dilakukan.

Menurut orang jawa atau orang kita yang pasti diantara anda mungkin pernah mendengar juga bahwa tidur sehabis subuh/solat subuh akan menghalang rezeki, rezeki menjadi susah, sama aja pemalas kali ya. Ini menurut dalil dari artikel yang saya baca seperti berikut, dari Ibn Abbas r.a: ''Orang yang tidur sehabis subuh akan disusahkan rezeki untuknya.''

Dari Ibnu Qayyim: ''Tentang salah satu perkara yang menghalang rezeki adalah tidur di waktu pagi, Beliau juga berkata, ia akan menyababkan berbagai penyakit diantaranya melemahkan syahwat, budaya Arab mengistilahkan itu sebagai khurq, budaya yang decela oleh orang Arab. Salah satu penyebab rusaknya hati adalah banyak tidut dan tidur sehabis subuh dan asar.

Menurut para salaf tidur yang harus dicegah adalah tidur sehabis solat subuh hingga terbitnya matahari karena waktu tersebut adalah waktu menuai/mendapatkan pahala yang melimpah.  Kita bisa mengambil contoh dari Baginda s.a.w bahwa sehabis solat subuh Nabi s.a.w dan para sahabatnya duduk di dalam masjid hingga matahari terbit.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa tidur selepas waktu subuh itu tidak dilarang, sunnah yang sebenarnya adalah tidak tidur lebih baik waktu itu dimanfaatkan untuk membiasakan membuat amalam baik seperti membaca Al-Qur'an, berzikir atau menghadiri kuliah subuh karena sesungguhnya waktu pagi adalah waktu yang penuh berkat.

Dari Sakhr al-Ghamidi Rasulullah s.a.w berdoa: ''Ya Allah berkatilah umatku pada waktu pagi.'' Amiin. Keburukan tidur sehabis subuh.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: