BREAKING NEWS :
Loading...

Discipline And Responsibility

Discipline And Responsibility


Discipline And Responsibility

Tingkatan tantangan hidup manusia pada remaja sekitar umur 15 sampai 21 adalah tidak mudah karena pada umur segitu remaja harus menempuh hakikat perjuangan hidup yang sebenarnya, juga terjadi perubahan tingkah laku, sikap, nilai, juga semua cara hidup di alam kanak-kanak ke arah yang lebih dewasa dan matang.

Mungkin sebagai seorang orang tua juga tidak mudah membimbing remaja umur segitu, penuh dengan tantangan dalam memahami dan membimbing untuk menjadikan mereka pribadi yang ber ilmu, ber akhlak, matang, dewasa dan bertanggung jawab. Nah cara membimbing dan melatih ke arah mana seperti yang dikehendaki adalah melalui disiplin diri.

Apa itu disiplin? disiplin tidak hanya membantu remaja membuat keputusan, tingkah laku dengan bijak tapi juga mendidik remaja bertanggung jawab dalam membuat tindakan dan pilihan. 
Disiplin adalah suatu peraturan, dia harus ada musyawarah dan persetujuan yang bisa membuat remaja bersemangat, merangsang perkembangan, membantu anak berfikir dengan aktif, tanpa disadari juga bisa melahirkan kasih sayang terhadap orang tua atau teman.


Discipline And Responsibility


Discipline And Responsibility

Mungkin apabila orang tua terlalu cerewet, terlalu memaksa, tidak memahami perasaan anak, suka mengekang, selalu menekan, malah suka membanding-bandingkan antara adik/kakak kandung atau orang lain itu bisa menimbulkan masalah antara anak dengan ortu, so lebih baik menggunakan pendekatan yang bijak dan masuk akal/logis, memberi kesempatan kepada remaja untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab.

Rasionalnya semua orang perlu berdisiplin karena tidak ada seorangpun yang dilahirkan mempunyai kebebasan mutlak, mungkin orang tua berhak memberikan hukuman apabila anak melanggar disiplin misalnya tidak boleh keluar rumah, tidak boleh main komputer, membatasi uang saku, dll atau hukuman fisikal seperti, cubit, pukul itu contohnya saja dengan tujuan untuk mencegah anak melakukan apa yang tidak disukai oleh orang tua.

Bukan semua hukuman yang diberikan orang tua memberi kesan positif kepada anak, sebaliknya bisa menjadikan anak seorang yang suka memberontak, pendendam, kadang di dalam rumah saja anak nurut tapi di luar tidak tahu gimana kelakuannya hehe...nah kelakuan anak dalam mendidik ke arah disiplin dan tanggung jawab itu tergantung bagaimana didikan orang tua dengan gaya ke-ibu bapak-annya apalagi di zaman yang semakin modern ini.

Subscribe to receive free email updates: