BREAKING NEWS :
Loading...

Attuned The Mind Atau Niat


Attuned The Mind Atau Niat

Attuned The Mind Atau Niat

Aku ingin menulis tentang sedikit motivasi tentang niat didalam melakukan sesuatu, niat akan mengawal pikiran kita dan tingkah laku dalam seseorang melakukan berbagai hal. Niat dan amalan yang baik itu juga termasuk ibadah. 

Apabila kita berniat melakukan sesuatu apalagi itu yang bersifat amal kita pasti mempunyai tujuan, dan tujuan itu berpotensi untuk membuat pikiran kita menjadi cerdas dalam mencapai tujuan itu. Agama juga mengajarkan agar dalam kita melakukan sesuatu tidak boleh melupakan niat untuk memperoleh apa yang di niatkan.

Attuned the mind, apakah peranannya? ia akan bertindak, berperan sebagai kunci terhadap semua aktifitas yang kita lakukan, dengan adanya kunci itu kita akan lebih fokus kepada apa yang kita lakukan. Apabila segala sesuatu dilakukan, dikerjakan secara fokus maka hasilnya akan mudah dan gampang tercapai. 

Niat sebagai kunci terhadap apa yang kita lakukan dan kerjakan itu berhubungan dengan solat dan puasa juga yang disitu juga meletakkan niat sebagai salah satu rukunnya, apabila puasa dan solat tidak dilakukna dengan niat dulu itu menjadi tidak sah.

Niat atau attuned the mind dalam aktifitas kehidupan sehari-hari, harus kita amalkan juga tanpa harus terbatas dalam ibadah saja misalnya ibadah solat, so niat akan memberi kekuatan fisik dan mental untuk mencapai tujuan apa yang kita inginkan dalam hal apapun itu. 

Dalam hubungan dengan Allah apabila seseorang fokus dengan niat pasti kita akan selalu dekat dengan-Nya. Dalam hal yang bersifat duniawi, pasti akan mudah diperoleh apabila sesuatu keinginan kita sudah didasari dengan kunci niat, sebagai contoh misalnya:

  • ⊙ Dalam ujian nanti aku harus mandapatkan nilai yang bagus, itu bagi para pelajar.
  • ⊙ Proposal ini harus siap jam 5 sore itu untuk yang sedang bikin proposal.
  • ⊙ Sebelum jam 7 malam aku harus sampai di rumah.
  • ⊙ Target kaos ini harus habis di akhir bulan ini untuk dijual.
Itu sebagai contoh saja, dan masih banyak contoh yang lain, dengan kunci niat itu kita akan menjadi fokus dalam mengerjakannya dan juga akan berpengaruh besar untuk mencapai kesuksesan.

Niat ini ada hubungannya dengan sabda Baginda Rasulullah bahwa: Siapapun yang berhijrah mencari keuntungan dunia maka dia akan memperolehnya, atau berhijrah karena wanita maka ia akan dapat menikahinya, sesungguhnya hijrahnya itu tergantung kepada apa yang diinginkan/diniatkan ketika hijrah tersebut.

Kesimpulannya disini adalah bahwa setiap manusia pasti punya tujuan hidup yang ingin dicapai, kalau kita meletakkan niat didalamnya dengan seyakin-yakinnya pasti disitu tersimpan cara untuk mencapai tujuan itu.

Bagi kita orang yang beragama apabila sudah disebut niat itu berarti kita sudah menyandarkan seluruh perbuatan kita kepada kekuasaan Allah dan setiap perbuatan kita itu dilakukan karena-Nya juga. Semoga apa yang kita lakukan dan kita kerjakan akan mendapat berkah dan ridho-Nya dan semoga kita selalu diberi kemudahan jalan oleh Allah, Amiin. 

Subscribe to receive free email updates: