BREAKING NEWS :
Loading...

Mengendalikan Perasaan Dan Bersikap Wajar


Mengendalikan Perasaan Dan Bersikap Wajar


Mengendalikan Perasaan Dan Bersikap Wajar

Emosi dan perasaan seseorang disebabkan 2 hal yaitu rasa gembira atau kecewa ''sesengguhnya kesabaran yang sempurna pahalanya adalah kesabaran ketika mendapat cobaan/benturan pertama'' sabda Rasulullah s.a.w.

So, siapa yang mampu menguasai perasaan di dalam semua peristiwa, baik itu kejadian baik atau buruk maka dia berhak mendapatkan penghargaan ''berupa hati yang teguh dan stabil, hati akan bahagia dan tenang karena berhasil mengalahkan nafsu.'' Hendaklah kita mampu berdiri seimbang diantara kegembiraan dan kesusahan, bersyukur saat kita bahagia, bersabar saat kita susah.

Emosi yang tak terkendali hanya akan membuat diri menjadi letih, capek, sakit, membuat kita resah. Apabila orang sedang marah selalunya emosi susah dikendalikan, badan bisa menjadi gemetar, bisa saja maki-maki semua orang, dan bisa bertindak mengikuti nafsunya.

Dan sebaliknya apabila orang sedang gembira, dia bisa lupa diri/tidak ingat lagi siapa dirinya. Apabila orang sedang marah, dia bisa mencela dan melupakan kebaikan orang yang dibencinya begitu saja. Dan sebaliknya apabila orang sedang menyukai seseorang, dia bisa lupa dengan semua kekurangannya seakan dia sempurna.

Jadi andai seseorang itu mampu untuk mengawal emosinya, mengendalikan perasaan dan akalnya, mempertimbangkan semuanya dengan baik, maka dia akan mudah melihat kebenaran, mengetahui petunjuk dan bisa memutuskan segala sesuatu dengan benar. 

Apabila kita ingin hati bahagia, berusahalah selalu untuk mengendalikan perasaan, bersikap wajar ketika kita dalam keadaan apapun, saat senang, susah, gembira, sedih. Emosi yang berlebihan itu sama saja kita menzalimi diri sendiri. Janganlah kita menjadi manusia yang paling sengasara yang selalu ikut hawa nafsu dan mengikuti semua dorongan nafsu dan keinginan hati.

Menempatkan suasana hati pada tempatnya, jadi semua kekhawatiran tidak akan terjadi. Sebelum sesuatu yang anda khawatirkan itu benar-benar terjadi, pikirkanlah hal-hal yang buruk darinya, persiapkan diri untuk menghadapinya dengan tenang jadi kita akan bisa menghindari bayangan yang menakutkan sebelum ia benar-benar terjadi. 

Dan ingat ''sebenarnya kebanyakan kekhawatiran dan gosip itu jarang ada kebenarannya, dan jarang juga benar-benar terjadi.'' Semoga tulisanku yang singkat ini berguna buat anda semua, apabila ada masukan, atau kritikan tulis aja di komen, thanks.

Subscribe to receive free email updates: