Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Kadang orang itu salah langkah, salah jalan dan mengambil sebuah pelarian. Kalau pelarian yang bagus it's ok kali ya hehehe...Sebuah kedewasaan juga dibutuhkan pengalaman, pengalaman itu kadang pahit dan hanya bisa mengambil hikmah positifnya saja dan kita akan lebih dewasa dalam pemikiran. Mungkin penyebab-penyebabbnya adalah seperti di bawah ini, tapi entah teman-teman semua setuju atau tidak :

▶ Kurang kasih sayang
Kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua bisa menyebabkan orang/remaja terjerumus dalam dunia luar yang gelap. Orang tua yang sibuk kerja misalnya sehingga kurang memperhatikan anakknya. 

▶ Tekanan hidup
Lingkungan itu berperan penting, remaja biasanya mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif. Masa remaja adalah masa awal mereka membesar dan belajar dengan keadaan lingkungan sekelilingnya. Keadaan lingkungan yang menggoda adalah suatu yang harus diperhatikan juga oleh orang tua. Kadang tekanan hidup yang dialami oleh remaja memudahkan mereka terjebak untuk memilih jalan yang salah tanpa memikirkan akibat buruk yang akan terjadi.

▶ Mendapatkan uang dengan mudah
Mendapatkan uang dengan mudah ini berlaku untuk remaja juga tentunya sehingga ada yang sanggup memilih jalan yang salah atau gelap. Harusnya ada pihak yang sanggup mengawasi anak-anak seperti ini khususnya ini untuk remaja agar tidak mudah tepengaruh dengan gejala sosial yang negatif.

▶ Kurang didikan orang tua
Kurangnya didikan agama, dan faktor lingkungan atau pengaruh teman. Ini bisa menyebabkan orang/remaja salah jalan juga. Jadi disini pengawasan dari orang tua atau orang yang bisa dipertanggung-jawabkan sangat penting sekali untuk mengurangi remaja agar tidak salah jalan. Misalnya menyediakan pusat sosial yang bermanfaat untuk remaja seperti tuition/kursus yang bermanfaat sesuai dengan bakat yang dimiliki.

▶ Pengaruh tempat dugem
Dugem alias dunia gemerlap. Tempat-tempat seperti ini selalunya happening, cocok buat enjoy, bisa bertemu dengan teman-teman yang banyak. Tentu saja remaja atau orang merasa berada di kelas sendiri yang berbeda dan bebas melakukan apa saja tanpa memikirkan itu adalah baik atau buruk. Apalagi untuk mereka yang berduit yang kadang tidak tahu kemana harus menggunakan duitnya yang banyak itu xP. Akhirnya uang itu cuma dihabiskan di tempat yang tidak wajar.

▶ Pengaruh teman sebaya/pengaruh teman
Walau tidak semua tapi kadang remaja atau orang akan terpengaruh dengan yang dilakukan orang lain. Tentu saja best banget melakukannya, apalagi teman-teman juga ikut melakukannya. Teman-teman biasanya lebih mudah mempengaruhi mereka malah menganggap teman-teman lebih memahami keinginannya dibandingkan orang tua. Akhirnya memilih jalan yang salah yang kadang malah dianggap sesuatu yang baru dan ingin sekali mencoba bahkan ingin juga menunjukkan kehebatan di depan teman-teman mereka tanpa bisa membedakan baik buruknya.

▶ Masa remaja adalah masa pancaroba
Masa seperti ini menyebabkan remaja terjebak dengan hal-hal negatif. Ingin mencoba sesuatu yang baru tanpa mikir panjang, malah kadang tidak memerlukan uang yang banyak juga. Hal ini pasti selalu membuat orang tua bimbang. Kalau tidak dicegah bisa membuat remaja atau orang rusak akhlaknya. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi imej/nama baik keluarga, masyarakat bahkan Bangsa imej nya bisa jadi jelek dan terpengaruh juga.

So disini aku ingin menyimpulkan, bagaimana mencegah hal-hal seperti itu agar tidak terjadi? salah jalan bisa merusak akhlak jasmani juga rohani. Jadi harusnya kita semua bekerja sama untuk mencegah agar orang atau remaja tidak salah jalan atau terjerumus ke hal negatif dan akhirnya bisa menemukan jalan yang benar. Sekian dulu entri saya kali ini kalau ada kekurangan atau tambahkan silahkan teman-teman semua untuk menuliskan di komen ya. Thanks untuk yang sudah sudi mampir kesini, greeting and take care to all my dear friends.

11 comments for "Penyebab Umum Orang Salah Jalan"

  1. postingannya sangat bagus sobat...
    sangat bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. untuk taman2 di atas makasih xD

    ReplyDelete
  3. Artikel yg sungguh baik.

    ReplyDelete
  4. bener banget say.. rada2 pengalaman juga. hho

    ReplyDelete
  5. Yang pasti kurang iman, karena jarang menyembah jadi dia lupa dan melakukan sesuatu sesuka hatinya.

    ReplyDelete
  6. postingan yang bagus tentang Penyebab Umum Orang Salah Jalan

    ReplyDelete