Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pepaya Untuk Kesehatan


Pepaya Untuk Kesehatan

Sebenarnya kita bisa menghindari penyakit dengan buah-buahan hanya kadang orang tidak tahu atau tidak menyadarinya. Kadang kita makan buah dan sayuran tanpa menyadari khasiat yang terkandung di dalamnya. Buah dan sayur adalah makanan yang mengandung vitamin dan dapat menjadikan tubuh kita sehat dan segar. Nah pada entri ini aku ingin menulis tentang pepaya untuk kesehatan.

BUAH PEPAYA

Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin A, C, kalium, kalsium dan karparin (fungsinya melambatkan degupan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, membunuh amoeba dan merangsang buang air kecil tapi karpain juga bisa menyebabkan lumpuh dan pusat saraf menjadi kebas). Parparin terdapat dalam pepaya fungsinya bisa menghadamkan dan melarutkan protein dan mempercepat proses pembekuan darah. Buah pepaya bisa juga dimasak mentah. Bisa juga dijadikan salad, dibuat minuman, selai atau jely. Pepaya yang setengah matang/masih keras juga bisa untuk dibuat rujak, dibuat manisan. Bunga pepaya juga bisa dimasak atau buat lalap untuk yang menyukainya

AKAR BUAH PEPAYA
Akar buah pepaya yang direbus kemudian diambil airnya bisa membantu mengeluarkan batu karang dalam ginjal, menghentikan pendarahan rahim, membunuh cacing di dalam usus.

BUAH PEPAYA MUDA, BIJI DAN BUNGA PEPAYA
Air rebusan buah pepaya yang masih muda bisa diminum untuk merawat darah tinggi. Air rebusan isi buah pepaya yang dikeringkan bisa untuk mengobati kaki bengkak dan sakit. Buah pepaya yang hijau dipotong dan getahnya bisa untuk mengobati sakit kurap. Bunga buah pepaya bisa direbus dan airnya bisa diminum  untuk mengurangkan rasa sakit nyeri ketika haid.

DAUN PEPAYA
Daun pepaya yang ditumbuk halus bisa disapukan pada bengkak bisul, luka bernanah dan sakit sendi. Air rebusan daun pepaya juga biasa digunakan untuk obat masuk angin, merawat penderita sakit asma, malaria, darah tinggi dan bisa membunuh cacing di dalam usus. Daun pepaya kering yang dibakar dan asapnya bisa digunakan untuk melegakan penderita sakit asma dengan cara menghidunya.

Inilah entri aku tentang buah pepaya dan manfaatnya untuk kesehatan. Ada tambahan lagi neh, buah pepaya juga biasa dibuat juice/jus dan pasti masih banyak khasiat yang lainnya. Buah pepaya juga harganya murah dan mudah mendapatkaannya terutama di Asia. Kalau ada kekurangan atau tambahan lagi silahkan tuliskan di komen.

4 comments for "Pepaya Untuk Kesehatan"

  1. wah ternyata banyak manfaatnya xD saya sering kq makan paya B) :D

    ReplyDelete
  2. syukurlah kalau suka makan paya, ada yang takut ma pahit daunnya hehehe....makasih kunjungannya kesini ya xD

    ReplyDelete
  3. tips yang sangat bermanfaat sob, memang buah pepaya sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan...

    ReplyDelete