BREAKING NEWS :
Loading...

CENGKEH SAMIGALUH KULON PROGO

CENGKEH SAMIGALUH

CENGKEH SAMIGALUH KULON PROGO

Assalamu'alaikum wr.wb

Walau agak telat tapi aku hanya ingin ngucapin SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI untuk teman-temanku semua MOHON MAAF LAHIR BATIN. Saat ini di Samigaluh Kulon Progo dan di Indonesia pada umumnya sedang menghadapi musim kemarau. Cengkeh Samigaluh Kulon Progo adalah entri yang ingin aku tulis saat ini, walau aku hanya ingin nulis simple aja. Cengkeh adalah hasil mata pencaharian di Samigaluh disamping kakao, melinjo, teh dan hasil bumi yang lainnya.




Cengkeh Sebagai Penghidupan

Ya jelas cengkeh adalah sebagai penghidupan orang samigaluh sudah dari dulu sejak aku kecil. Cengkeh sebagai tanaman/pohon yang sesuai ditanan di desaku Samigaluh. Berbuahnya tidak tentu, bisa setahun sekali, dua tahun malah kadang 5 tahun sekali berbuah. Cengkeh sangat menolong sekali untuk desa kami karena harganya yang lumayan mahal hingga kadang masyarakat kami bisa membangun rumah, berwiraswasta dengan dimodali cengkeh, juga bisa membeli barang kebutuhan yang kami perlukan bahkan untuk membiayai sekolah juga.




Saat Lebaran Cengkeh Berbuah

Hmmm...lebaran kali ini 2012 Alhamdulillah cengkeh sedang berbuah dan itu merupakan karunia dari Allah swt yang harus kita syukuri sekali lagi 'Alhamdulillah' Saat lebaran Idul Fitri, dengan adanya cengkeh bisa untuk membeli keperluan lebaran yang sangat diperlukan. Malah kadang karena berbagai kesibukan cengkeh sampai gak sempat dipetik padahal itu adalah uang. Harga se kg cengkeh basah saat ini sampai 25-30 ribu rupiah, kalau yang kering bisa sampai 90-100 ribu rupiah. Harganya bisa naik atau turun tergantung kebutuhan pasaran pemakai cengkeh, malah bisa mencapai 300 ribu rupiah untuk cengkeh kering.


cengkeh samigaluh

Hasil Cengkeh

Cengkeh dihasilkan sebenarnya bukan hanya di Samigaluh tapi juga di daerah Kulon Progo lainnya seperti Kecamatan wilayah Girimulyo, Kalibawang, dll. Juga di daerah Propinsi Jawa Tengah yang berdekatan dengan samigaluh yaitu wilayah Kaligesing, Purworejo, Muntilan dll. Samigaluh dan Girimulyo adalah tempat berhawa dingin di dataran tinggi Yogyakarta yang sangat sesuai sekali dengan keadaan tanah dan iklimnya untuk menanam cengkeh dan bisa dibilang sebagai penghasilan utama.

Cengkeh bisa digunakan untuk rempah sebagai penyedap makanan, sebagai bahan baku rokok, minyak angin, dll bahkan daunnya juga bisa disuling dan dijadikan minyak. Sekian dulu entriku yang singkat tentang cengkeh.

Wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates: