Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Abg Jogja Jadilah Pendengar yang Baik

abg jogja jadilah pendengar yang baik

Apakah yang dimaksud dengan pendengar yang baik itu? Pendengar yang baik itu adalah memusatkan pikiran dan perhatian kepada nasehat atau pesan yang disampaikan oleh seseorang. Seseorang itu bisa saja dari orang tua, guru, penasehat, dll. Dan yang akan aku tulis saat ini tentang tema KBJ peduli dengan remaja jogja dalam rangka menyapu konten negatif tentang ABG JOGJA. Nah cara yang baik untuk remaja agar menjadi pendengar yang baik aku akan tuliskan seperti di bawah ini:

☞ Memberi contoh yang baik ini adalah cara yang peling manjur juga untuk remaja terutama orang tua atau orang dewasa yang lebih tua. Mengajak remaja berbicara karena biasanya remaja akan meluahkan perasaan kepada seseorang apabila punya masalah atau sesuatu yang penting. Tapi bukan semua remaja itu mau mengungkapkan masalahnya, jadi orang yang lebih dewasa harus memulai bicara dengan memancingnya dengan kata-kata yang tepat.

☞ Sebagai orang yang lebih tua harusnya juga menjadi pendengar yang baik terhadap remaja, jangan malah malas atau tidak mau mendengar keluhannya. Hak dan pendapat remaja itu juga harus dihormati, mendengar dengan sabar. Manusia akan lebih cepat berfikir daripada berbicara dan orang dewasa akan lebih cepat dalam berfikir mencari kata-kata dibandingkan remaja.

☞ Apabila remaja menyembunyikan sesuatu itu bisa diperlihatkan dengan bermacam-macam ekspresi misalanya dari suaranya, ekspresi wajah, perubahan sikap. Jadi dari ekspresi remaja yang begitu orang dewasa bisa menentukan sikap yang pas. Jangan memprovokasi remaja yang sedang dalam keadaan seperti itu, karena itu malah bisa membuatnya diam dan tidak mau bersuara. Jadi lebih baik tanyakanlah dengan membuat pertanyaan yang mudah untuk memberikan remaja agar mau berbicara.

☞ Agar remaja menjadi pendengar yang baik orang dewasa juga harus menunjukkan perasaan empati yang baik, memahami perasaanya dan mampu menjadi lawan bicaranya dalam keadaan apapun. Ekspresi dan sikap yang baik dari orang yang lebih dewasa itu juga adalah cara yang lebih tepat untuk remaja. Dengan cara menceritakan pengalaman, juga menjelaskan perasaan terhadap pengalaman itu dengan kata-kata yang tepat dan bisa diambil hikmah dan contoh.

☞ Masa remaja adalah masa pancaroba, sebenarnya aku sudah sering menulis entry tentang remaja dan tantangannya. Dan aku pikir menjadi remaja sekarang itu bukan mudah karena jaman sudah semakin modern dan kalau tidak mengikuti perkembangan jaman juga akan ketinggalan. So untuk menanggapi tentang kata negatif terhadap abg jogja aku lebih suka berfikiran positif saja. Karena remaja itu adanya bukan hanya di jogja saja kan? di kota-kota yang lain juga ada dan lihatlah kelakuan mereka gimana? 

ABG JOGJA

Akhir kata dan kesimpulanku disini adalah bahwa peranan orang tua dalam mendidik remaja/abg itu sangat penting, selalu memberikan waktunya, memberi contoh yang baik dan yang penting harus ada ikatan batin. Kehidupan sosial remaja juga harus dipantau memang. Yang open berbicara, saling terbuka dengan komunikasi yang baik agar remaja kita atau abg bisa menjadi pendengar yang baik. 

Untuk abg jogja jadilah remaja yang baik dan jagalah nama baik jogja tercinta kita. Dan aku yakin sekarang ini pendidikan di jogja dan Indonesia umumnya juga sudah semakin maju, pendidikan formal nya sudah dimulai dari usia balita/PAUD, TK dan itu bisa menciptakan, menjadikan dasar untuk membentuk remaja yang punya karakter yang bagus.

4 comments for "Abg Jogja Jadilah Pendengar yang Baik"