BREAKING NEWS :
Loading...

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Makanan untuk ibu hamil

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Sebenarnya aku menulis artikel ini berdasarkan permintaan teman dan seperti yang aku tahu aku akan menuliskan entri tentang Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil. Pemakanan untuk ibu hamil yang seimbang memang sangat penting disamping untuk kesehatannya juga untuk kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan. Makanan yang diperlukan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

 Buah dan sayuran
Buah dan sayuran memang penting untuk tubuh kita sebagai sember vitamin dan mineral.
Vitamin A untuk beta karotena yang membentuk vitamin A dalam tubuh yang sangat diperlukan juga, dan vitamin C, B, E. Mineral yang didapatkan dari sayur dan buah-buahan adalah kalsium dan magnesium. Sayur-sayuran yang menghasilkan zat besi seperti  sayur-sayuran hijau contohnya kangkung dan bayam, hendaknya dalam memasak sayur jangan terlalu lama karena zat-zat nya bisa hilang kalau kelamaan dalam memasak.
Makanan untuk ibu hamil

Kebanyakan buah-buahan mengandung vitamin C yaitu untuk meningkatkan imuniti tubuh, selain itu vitamin C juga punya fungsi penting yang lain untuk tubuh. Buah dan sayuran selain mengandung banyak vitamin ia juga mengandung serat yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk sistim pencernaan yang baik. Ibu yang mengandung kadang mengalami masalah basir jadi serat yang ada dalam buah dan sayuran  bisa membantu melembutkan air besar melalui proses osmosis dan itu bisa mengurangkan terjadinya sakit basir pada waktu ibu hamil/mengandung.

 Makanan pokok ibu hamil
Nasi adalah makanan pokok untuk orang Indonesia yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain nasi makanan yang tinggi karbohidrat contohnya mi, roti, kentang atau makanan dari gandum. Karbohidrat seperti nasi, mi atau roti akan memberikan sumber tenaga untuk tubuh kita. Jadi sebagai makanan harian, ibu yang sedang hamil sangat memerlukan makanan ini.

 Susu
Ibu yang sedang hamil memerlukan kalsium yang tinggi dan itu bisa dihasilkan dari susu segar atau keju. Susu selain mengandung kalsium yang tinggi ia juga membekalkan protein, vitamin A dan vitamin D. Dalam pemilihan susu untuk ibu hamil untuk menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan dianjurkan mengambil susu yang rendah lemak atau low fat dan tinggi kandungan kalsiumnya.

 Lemak
Lemak diperlukan juga untuk ibu hamil tapi pengambilannya harus secara minimal. Makanan jenis lemak ini contohnya minyak yang mengandung vitamin E, D, vitamin A dan juga essential fatty acids (asam lemak esensial). Jenis vitamin K, A, D, E disebut juga sebagai vitamin yang larut dalam lemak (fat soluble vitamins).

Makanan untuk ibu hamil

 Protein dan daging
Daging merupakan sumber protein hewani, selain itu daging juga mengandung vitamin B, vitamin A dan mineral seperti zat besi terutama daging merah atau red meat contohnya daging sapi, daging kambing dan ikan. Daging selalu disebut mengandung lemak yang tinggi, jadi dalam mengkonsumsinya harusnya membuang lemak-lemaknya seperti kulit dalam daging ayam. Makanan yang mengandung protein contohnya kacang, hasil makanan dari tumbuhan ia tidak mengandung kolesterol tapi tetap mengandung lemak tapi kandungan lemak yang ada dalam tumbuh-tumbuhan tidak setinggi kandungan lemak yang terdapat dalam daging.

Ibu hamil yang mempunyai penyakit darah tinggi atau kencing manis
Jenis makanan seperti garam, gula, penyedap rasa boleh juga dikomsumsi oleh ibu hamil tapi harus dalam kuantiti yang rendah/minimum. Untuk ibu hamil yang mempunyai penyakit darah tinggi atau kencing manis harusnya benar-benar menjaga pemakanannya dengan baik. Ada sebagian wanita yang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah (kencing manis) atau peningkatan tekanan darah sewaktu hamil. Jadi ibu yang sedang hamil dianjurkan minum air yang cukup, wanita/ibu hamil/mengandung juga dianjurkan minum air 8 gelas dalam sehari.

Itulah entri aku tentang Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil yang memang harus diperhatikan. Dan yang penting lagi ibu hamil juga harus berhati-hati dalam pengambilan makanan berkolesterol tinggi seperti daging, dll agar tidak terjadi kenaikan berat badan yang melebihi aturan, tentu saja agar bisa bersalin/melahirkan dengan lancar. Dalam entri selanjudnya aku akan menuliskan tentang vitamin untuk ibu hamil/mengandung

Subscribe to receive free email updates: