Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Desainer Grafis Saul Bass


Biografi Desainer Grafis Saul Bass

Google pada hari ini rabu 8 Mei kembali menampilkan Google Doodle pada halaman utamanya untuk menghormati ulang tahun yang ke 93 tokoh Desainer Grafis/Graphic Designer terkenal yaitu Saul Bass, dan di bawah ini aku akan menuliskan tentang biografi Saul Bass.

Biografi Desainer Grafis Saul Bass

Biografi Desainer Grafis Saul Bass
Saul Bass (8 Mei 1920 - 25 April 1996) adalah seorang desainer grafis dari Amerika dan pembuat film, paling dikenal untuk desain judul film, poster film dan logo perusahaan. Selama 40 tahun Bass berkarir dan bekerja untuk beberapa pembuat film yang paling menonjol "Hollywood" termasuk Alfred Hitchcock, Otto Preminger, Billy Wilder, Stanley Kubrick dan Martin Scorsese. 

Di antara urutan judul yang paling terkenal adalah kertas animasi cut-out dari lengan seorang pecandu heroin untuk Preminger The Man dengan Golden Arm, kredit balap yang naik dan turun dan akhirnya menjadi tembakan yang tinggi pada sudut gedung pencakar langit di Hitchcock North by Northwest dengan teks yang terputus-putus, bersama-sama dan terpisah dalam Psycho. 

Bass merancang beberapa logo perusahaan yang paling ikonik di Amerika Utara, termasuk AT & T "bell" logo pada tahun 1969, serta logo AT & T "globe" pada tahun 1983 setelah pecahnya Bell System. Ia juga merancang "1968 jetstream logo" dan United Airlines Continental Airlines 1974, logo "tulip" yang menjadi beberapa logo industri penerbangan yang paling dikenal pada waktu itu. Google dalam menghormati Saul Bass yaitu dengan menampilkan  Google Doodle pada tanggal 8 Mei 2013.

Biografi Desainer Grafis Saul Bass

Saul Bass lahir pada tanggal 8 Mei 1920 di Bronx, New York, Amerika Serikat, Amerika Utara, to Eastern European Jewish immigrant parents. Dia lulusan dari James Monroe High School di Bronx dan belajar part time di Art Students League di Manhattan sampai mengikuti kelas malam dengan Kepes György di Brooklyn College. Ia memulai karirnya di Hollywood pada tahun 1940-an dengan melakukan pekerjaan cetak untuk film iklan, sampai ia bekerja sama dengan pembuat film Otto Preminger untuk merancang sebuah poster film untuk Film Carmen Jones 1954. 

Preminger sangat terkesan dengan pekerjaan Bass hingga ia memintanya untuk menghasilkan urutan judul juga. Ini adalah ketika Bass untuk pertama kali melihat kesempatan membuat urutan judul yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman penonton dan berkontribusi pada suasana hati dan tema film pada saat-saat pembukaan. Bass adalah salah satu orang pertama yang menyadari potensi kreatif pembukaan dan penutupan kredit dari sebuah film.

Sumber: Wikipedia.

Post a Comment for "Biografi Desainer Grafis Saul Bass"