Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman

Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman

Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman

Dapur rumah walau mungkin ruangannya kecil tapi kalau ditata dengan bersih dan rapi pasti akan terasa nyaman. Siapa yang gak suka dengan dapur yang rapi? pasti semua orang juga menginginkannya, so aku akan memberikan beberapa Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman seperti di bawah ini:

Tahu fungsinya dapur

Untuk mendapatkan ide atau inspirasi dalam menata atau mengatur dapur, kita harus tahu fungsi dapur itu untuk apa. Maksudnya ada sesetengah orang yang menggunakan dapur bukan hanya untuk aktifitas memasak saja tapi juga dijadikan tempat untuk ngobrol santai dengan keluarga. Jadi letakkanlah meja makan dan kursi yang selesa atau nyaman untuk digunakan.

Perhatikan tumpuan pada dapur

Tumpuan atau fokus pada dapur misalnya dengan mengecat dinding dapur dengan warna yang sama. Tumpuan pada ruangan dapur bisa dengan pengaturan yang rapi, kemas, sebagai contoh kalau tempat tidur tumpuannya terletak pada tempat tidurnya.

Titik tumpuan pada ruang dapur yang kecil misalnya terletak pada tiap sudut ruangan, jadi dalam pemilihan cat dinding gunakanlah warna yang sama atau warna netral untuk membuat pandangan agar tumpuannya tidak hanya terletak pada satu tempat saja. Dalam pemilihan perabot dapur juga sebaiknya sesuai dengan warna dinding.


Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman


Cara memilih warna perabot dapur

Perabot terdiri dari kabinet misalnya, lantai dan juga semua perkakas dapur sebaiknya gunakan skema warna yang sama yang bertujuan untuk menciptakan suasana dan kesan yang seimbang. Dalam memilih perabot, pilihlah perabot yang sederhana , gunakan pintu kabinet dengan kaca dan cat bagian dalam menggunakan warna yang sama seperti pada dinding ruangan.

Cara dalam memilih rak dapur

Fungsi rak pada dapur adalah untuk menghemat ruangan pada dapur dan biasanya rak digunakan untuk meletakkan/menyimpan makanan dan juga perkakas dapur. Pilihlah rak dengan bahan kaca, kayu, stainles atau plastik untuk menampilkan suasana dapur agar rapi dan bersih. Atur perkakas dapur seperti piring dan gelas dengan rapi dan gunakan warna piring yang sama agar kelihatan lebih nyaman, cantik dan menarik.

Menciptakan ruangan dengan barang yang kelihatan mewah

Maksudnya mewah disini bukan berarti barang yang mahal tapi yang kelihatan unik dan kelihatan elegan. Contohnya dengan menggunakan meja dan kursi yang berbentuk ukiran, kayu yang bentuknya unik dan punya sentuhan artistik atau dengan menggunakan meja yang terbuat dari batu marmer atau batu alami. Selain itu juga bisa menciptakannya dengan menggunakan lampu gantung yang unik dan antik.


Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman


Pemilihan warna ruangan pada dapur

Warna bisa menciptakan rasa emosional tertentu termasuk pada pandangan mata. Warnakan dapur dengan warna sesuai keinginan misalnya warna yang menyejukkan seperti warna biru yang bisa memberi kesan yang luas terhadap ruangan. Sedangkan warna yang gelap atau warna tua bisa memberikan suasana dapur yang lebih akrab.

Pemilihan warna lantai dan siling dapur

Jangan lupa untuk memperhatikan dalam memilih warna lantai dan siling dapur. Dapur yang berukuran ruangan kecil akan kelihatan nyaman kalau diatur dengan rapi dari bagian bawah hingga atas. Untuk bagian lantai bisa menambahkan kemasan dengan hiasan tekstur warna tertentu yang sesuai.

Untuk warna siling dapur bisa menambahkan dimensinya melalui tehnik pencahayaan. Hindarkan warna yang menyolok pada siling agar pandangan mata tidak silau ketika melihat ke atas siling dapur.

2 comments for "Cara Membuat Dapur Rapi Dan Sehat Juga Nyaman"

  1. makasih infonya mba :)
    nanti deh diaplikasikan kalo udah punya dapur sendiri. hihihi

    ReplyDelete
  2. dapur ortunya dulu yang diatur,tapi kalau aku memang sukanya bersih dan rapi termasuk dapur hehehe :D

    ReplyDelete