Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Tari Kreasi Baru Gaya Yogyakarta

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Sebenarnya sebelum ini aku juga pernah menuliskan tentang opini atau artikel yang berhubungan dengan Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY juga merupakan tempat kelahiranku, tempat aku sekolah dan Propinsi Yogyakarta juga merupakan Propinsi yang paling kecil wilayahnya di Indonesia.

Syukurlah aku dilahirkan di Jogja dan merupakan kebanggaan tersendiri walau yang namanya manusia dilahirkan dimana saja juga tetap sama di hadapan Tuhan dan tetap saja di bumi Allah tapi Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa dan beberapa keistimewaannya aku akan menulisknannya.

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa
Jogja Merupakan Kota Pelajar

Jogja juga orang menyebutnya sebagai kota pelajar karena banyak Universitas atau Perguruan Tinggi yang terdapat di Jogja dengan Universitas pertamanya yang terkenal UGM atau Universitas Gajah Mada.

Disebut juga sebagai kota pendidikan dimana banyak pendatang dari luar yang belajar di Jogja dan pasti alumni-alumni yang belajar di Jogja juga sudah menghasilkan mahasiswa hingga sukses dan berhasil bekerja di berbagai sektor.

Untuk menghasilkan pelajar yang sukses tentu saja itu juga belum cukup tapi harusnya juga mengasilkan pelajar yang bisa menjujnung tinggi nilai luhur pendidikan.


Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Seni Karawitan

Jogja Sebagai Kota Budaya

Yogyakarta sebagai kota budaya jelas sekali telah banyak dibuktikan dengan berbagai bentuk misalnya adanya Candi Borobudur dan Candi Perambanan yang letaknya juga di Yogyakarta atau Jawa Tengah. Kraton Yogyakarta juga merupakan salah satu budaya di Jogja Indonesia yang banyak dikunjungi oleh turis dari luar negeri atau pengunjung dari wilayah Indonesia sendiri.

Banyak sekali kebudayaan yang terdapat di Jogja yang disini aku tidak bisa sebutkan satu-persatu tapi sebagai contoh misalnya seni tari kreasi baru, seni gamelan jawa, seni kuda lumping, batik trasisional, seni tradisional yang juga menghasilkan produk seperti baju, sepatu, dll.


Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa
Malioboro

Malioboro Sebagai Chirikas Yogyakarta

Kebanyakan para pelancong, pengunjung atau turis pendatang dari luar kalau ingin berkunjung ke Jogja pasti akan mengunjungi Malioboro. Malioboro sebagai pusat kota Yogyakarta yang juga berdekatan dengan Kraton Yogyakarta disitu terdapat banyak kerajinan tradisional yang dijual disana.

Kerajinan seperti seni batik, baju, sepatu, sandal, aksesoris yang unik-unik buatan seniman-seniman Yogyakarta dan kebanyakan hasil dari kerajinan tangan dengan harga yang terjangkau bahkan murah-murah. Pasar Bringharjo yang letaknya di wilayah Malioboro juga banyak pengunjungnya disitu juga menjual kerajinan seni tradisional Yogyakarta dan juga menjual makanan tradisional Jogja dan aku ingin Jogja selalu istimewa dengan adanya Malioboro.


Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa
Gudeg Jogja

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa
Peyek Welut


Chirikhas Makanan Jogja

Di setiap daerah pasti punya cirikhas makanan tersendiri yang terkenal, seperti juga di Jogja. Jogja akan selalu istimewa dengan adanya cirikhas makanannya yang terkenal yaitu gudeg, geplak, yangko, atau bakpia pathuk, dll yang juga merupakan makanan kesukaanku. Dan ini juga untuk yang suka dengan peyek bayam dan peyek welut/belut itu banyak terdapat di Pasar Godean Sleman.

Pasar Godean letaknya di barat kalau dari arah Malioboro. Sebenarnya peyek welut juga dijual di toko-toko yang lain tapi kalau yang di Godean memang banyak dijual dalam keadaan yang masih baru digoreng dan berbagai jenis. Salak pondoh juga merupakan jenis buah makanan yang terkenal di Yogyakarta, dimana kalau ada yang suka dengan buah salak, di Jogja juga akan dengan mudah mendapatkannya.


Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Aku Ingin Jogja Selalu Istimewa

Aku ingin Jogja selalu istimewa dengan cirikhas yang dipunyai oleh Yogyakarta seperti yang sudah aku tuliskan di atas walau aku tidak bisa menuliskan semuanya. Karena Jogja juga merupakan kota pendidikan atau kota pelajar yang kebanyakan pelajarnya adalah pendatang dari kota lain, tapi aku berharap nilai-nilai luhur Yogyakarta akan tetap luhur dan terjaga.

Dalam kenyataan di jaman yang semakin maju ini nilai-nilai luhur yang dipunyai oleh Jogja sudah tercemar tapi itu semua kembali kepada pribadi masing-masing. Berharap Jogja akan menghasilkan pelajar yang cerdas dan trampil yang bisa membina watak dan karakter yang baik, terpuji dari pendidikan yang didapatkannya.

         CEWEK JOGJA PINTAR.