BREAKING NEWS :
Loading...

Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina


Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina

Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina

Li Shizhen (1518-1593) adalah seorang sarjana kedokteran yang terkenal beliau memiliki semacam watak sama dengan Leonardo da Vinci di Barat. Ia terutama dikenal karena bekerja dalam sebagian besar hidupnya pada risalah medis dan untuk menerbitkan ensiklopedia yang sangat panjang tentang obat alami yang disebut Bencao Gangmu (本草纲目, Herbal Detail Esensial)

Teks panjang itu biasanya disebut Materia Medica dalam bahasa Inggris. Teks  tersebut sangat rinci dan terorganisir dan itu adalah produk dari dekade dalam penelitian buku langka dan teks medis. Dia menambahkan pemahaman sendiri yang berasal dari praktek medis nya juga berdasarkan pengetahuan medis keluarganya. Dia melanjutkan perjalanan untuk penelitian dan praktisi wawancara. 

Kedua ayah dan kakeknya adalah dokter dan ia dibesarkan  untuk selalu membantu ayahnya dalam praktek pengobatan. Dia ingin survei tentang semua pengetahuan yang ada pada masanya dan menulis hal yang paling akurat yaitu tentang teks kedokteran alami yang pernah ditulis. Dia berpikir bahwa teks medis yang umumnya tersedia tidak akurat dan bahkan memiliki informasi yang salah, berbahaya. Ia dianggap sebagai orang yang mendedikasikan hidupnya untuk menulis teks dalam membantu orang.

Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina

Menurut biografinya dalam sejarah tidak sah dari Dinasti Ming, Li Shizhen lahir di Qizhou (saat ini Qichun County di Provinsi Hubei). Ketika Li Shizhen lahir, rusa putih memasuki ruangan. Sejak masa kecilnya dia pikir itu telah ditetapkan oleh nasib bahwa ia akan belajar sesuatu yang terkait dengan keabadian. Li Shenzhen suka membaca dan sangat luas karena ia membaca semua jenis buku. 

Li menyukai buku kedokteran yang terbaik dan sangat baik pada obat-obatan sehingga ia menganggap dirinya sebagai dokter. Li Shizhen berpikir bahwa kategori buku herbal di Cina kuno terlalu rumit dan nama-nama itu tidak ditetapkan dengan benar dan ia tidak berpikir herbal didokumentasikan. Oleh karena itu Shizhen mengabdikan 30 tahun untuk menyusun Bencao Gangmu (The Great Compendium of Herbs) yang datang melalui tiga revisi dan termasuk informasi lebih dari dari 800 buku.

Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina

Karya-karyanya yang lain termasuk Poems of Suo Guan, Medical Cases, Key to Internal Energy Passages, Discussion of Five Organs, Difficulty of Sanjiaoke, Research of Mingmen, dan Discussion of Poems. Di tahun-tahun berikutnya Li Shizhen menyebut dirinya Recluse Near a Lake. Dia bukan hanya seorang dokter terkenal dan herbalis, tetapi juga orang yang melakukan sihir dan dia bermeditasi setiap malam. 

Meskipun Li Shizhen adalah mahir dalam bidang kedokteran dan praktek mencari keabadian, ia juga menaruh perhatian besar terhadap Study of Eight Internal Passages. Ia mencontohkan dalam bukunya Study of Eight Internal Passages bahwa dokter dan pencari keabadian harus tahu delapan bagian. Dia mengatakan bahwa mereka akan tahu dunia nyata profesi mereka jika mereka memahami delapan bagian energi internal.

Itulah Biografi Li Shizhen Tokoh Pengobatan Tradisional Cina yang juga digunakan sebagai logo Doodle Google pada hari ini untuk menyambut hari ulang tahunnya yang ke 495 tahun atau Li Shizhen 495th Birthday seperti pada gambar di atas.

Sumber: China Highlights.

Subscribe to receive free email updates: