BREAKING NEWS :
Loading...

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand
Gambar 1 - Tom Yam atau Tom Yum

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand

Hye friends how are you? Hari ini sunday atau hari libur so biarkan aku menulis resep saja yaitu resep memasak tom yam atau tom yum masakan ala Thailand. Tom yam adalah masakan yang berasal dari Negara Thailand tapi masakan ini memang terkenal di Asia baik di Indonesia, Malaysia, Singapore, etc dan kalau di Yogyakarta ada juga masakan tom yam di Ambarukmo Plaza atau Amplaz.

Tom yam ada bermacam-macam jenis yaitu ada tom yam sea food, campuran, tom yam ikan dan disini aku akan menuliskan resep tom yam campuran saja biar bervariasi isinya, dan bentuknya adalah soup.

Bumbu-bumbunya lihat saja seperti gambar di bawah ini dan aku tidak perlu menuliskannya:

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand
Gambar 2

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand
Gambar 3

Bahan-bahan atau isinya seperti gambar di bawah ini:

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand
Gambar 4

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand
Seledri Air

Resep Memasak Tom Yam Masakan Thailand

Cara memasaknya:

Cuci semua bumbu, sayuran, daging, bakso, sotong/cumi-cumi dengan bersih dan potong seperti di atas. Rebus 3 liter air atau lebih menurut selera dalam panci sampai mendidih kemudian masukkan garam secukupnya, sedikit gula pasir masukkan bawang putih yang sudah dimemarkan tidak perlu ditumbuk, kemudian serai yang dimemarkan juga masak selama kurang lebih 10 menit kemudian masukkan bumbu perencah tom yam/kaldu tom yam seperti gambar no 3 diatas, daun jeruk purut yang dimemarkan juga, potongan bawang bombay, potongan daging ayam, sotong, bakso biarkan selama 5 menit kemudian yang terakhir masukkan udang dan potongan cili/cabai  dan sayuran seperti gambar no 4, biarkan selama 5 menit dan masukkan potongan seledri air agar aromanya bertambah harum kemudian angkat atau matikan api.

Catatan:

Tom yam identik dengan rasanya yang asam, rasa asam berasal dari kaldu atau perancah khas tom yam seperti gambar no 3 yang biasanya juga dijual di supermarket mall dan juga berasal dari tomat, tentang sayuran yang dimasukkan dalam masakan tom yam boleh juga seperti sayur buncis, kembang kubis putih, jamur kancing, dan boleh juga dengan bakso daging sapi, daging sapi menurut selera anda.

Resep masakan tom yam ini sangat mudah sekali dan pastikan daging, sea food dan juga sayurannya jangan dimasak terlalu lama agar tetap kelihatan kesegarannya dan agar nutrisi kandungan vitaminnya tidak akan hilang. Saat memasaknya juga harus pandai mengontrol api jangan terlalu besar itulah resep memasak tom yam masakan ala Thailand, selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: