Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Ada sesetengah orang yang tidak suka mengkonsumsi buah pare karena rasanya pahit padahal sebenarnya buah pare selalu dijadikan sebagai pengobatan alternatif tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. Buah pare banyak didapatkan di Asia. Sebenarnya rasa pahit pada buah pare bisa dihilangkan dengan cara merendam dengan air garam. Barusaja aku membaca artikel dari majalah kesehatan tentang manfaat buah pare untuk kesehatan dan juga kandungan zat yang terdapat di dalamnya yang akan aku tuliskan di bawah ini:

Kandungan zat yang terdapat dalam buah pare:
  • buah pare disebut juga sebagai buah bitter melon atau bitter gourd
  • mengandung zat momordin
  • glokosid
  • charantin alkaloid
  • momordicinother
  • minyak polipeptide-p
  • linoleik
  • stearic
  • glocoprotein asid oleik
  • beta-momorcharin
  • alpha-momorcharin
  • lektin
Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Polipeptide-p adalah sejenis insulin dari tumbuhan yang bisa merendahkan tahap gula dalam darah, juga mengandung hipoglemesik yang dikenal sebagai charantin. Charantin berfungsi untuk meningkatkan pengambilan glukosa dan sintesis glikogen dalam sel-sel hati, otot dan tisu adipos yang bertanggungjawab untuk mengurangkan tahap gula dalam darah dan bisa untuk merawat sakit diabetes tahap ke-2.

Komposisi yang terdapat dalam buah pare adalah:

Protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, , zat besi, kalium, fosforus, natrium, mangan, magnesium, beta karotena, vitamin B1, vitamin B2, , vitamin C, vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asid panttothenic), vitamin B6 (pyridoxine). Pare juga rendah kalori, dan dalam 100 gram mengandung -+ 17 kalori.

Buah pare berkhasiat untuk merangsang pencernaan


Sayur pare yang rasanya pahit merupakan sumber terbaik vitamin C, dalam kurang lebih 100 gram pare mentah adalah mengandung -+84mg vitamin C. Vitamin juga sangat penting untuk tubuh kita karena banyak mengandung antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas. Buah pare juga bisa merangsang pencernaan dan peristalsis (pengenduran dan pengecutan) makanan dengan mudah melalui usus hingga ia diresap oleh tubuh apabila selalu/kerap mengkonsumsinya. Hal ini juga sekaligus bisa melegakan makanan yang susah dicerna dan sembelit.


Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan


Buah pare bisa membantu mengatasi darah kotor


Buah pare juga dikatakan bisa untuk membantu mengatasi masalah sakit darah kotor yang menyebabkan bisul, kudis, juga rasa gatal pada kulit. Caranya adalah dengan meminum jus pare yang dicampur dengan teh lemon dan diminum sedikit demi sedikit setiap hari selama 4 sampai 6 bulan.

Buah pare bisa membantu merawat sakit diabetes

Buah pare juga bisa untuk membantu dalam perawatan sakit diabetes atau kencing manis, caranya adalah dengan cara minum jus 4-5 biji buah pare setiap hari. Selain itu manfaat buah pare juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan karena kandungan tonik nya.

"Because life is bitter, and therefore eating bitter melon stir-fry to life not bitter, just a bitter taste in the mouth onlyKarena hidup ini pahit, maka dari itu makan tumis pare yang pahit supaya hidup tidak berasa pahit, berasa pahit cuma di mulut saja."


Itulah beberapa manfaat buah pare untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan"