Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Chinese Mid Autumn Festival

Sejarah Chinese Mid Autumn Festival
Barusan aku melihat halaman muka Google dan terdapat Google Doodle yang cantik yaitu untuk menyambut Moon Cake Festival yang memang saat ini adalah bulan mone cake festival untuk bangsa Cina. Nah disini aku akan menuliskan tentang history atau sejarah Chinese Mid-Autumn Festival. Saat Moon Cake Festival tiba pasti banyak juga dijual kue bulan dan tenlung tenlung/lantern juga banyak dijual yaitu lampu cantik yang didalamnya ditaruh lampu atau lilin. 

Sejarah Chinese Mid Autumn Festival

I. The Lady - Chang Er
Waktu cerita ini adalah sekitar tahun 2170 SM. Pada waktu bumi sepuluh kali berputar-putar mengelilingi matahari di atasnya, masing-masing mengambil giliran untuk menerangi ke bumi. Tapi suatu hari kesepuluh matahari muncul bersama-sama teriknya dengan panas bumi mereka. Bumi diselamatkan oleh seseorang yang kuat dan bertirani pemanah yaitu Hou Yi. 

Dia berhasil menembak jatuh sembilan matahari tersebut. Suatu hari Hou Yi mencuri obat mujarab dari kehidupan seorang dewi. Namun istrinya yang cantik Chang Er meminum ''obat mujarab kehidupan'' tersebut untuk menyelamatkan orang-orang dari pemerintahan tirani suaminya. Setelah meminumnya maka dia menemukan dirinya mengambang dan terbang ke bulan. Karena Hou Yi sangat mencintai istrinya yang cantik tersebut maka dia tidak menembak jatuh bulan.
Sejarah Chinese Mid Autumn Festival
Lantern Chinese Mid Autumn Festival

Catatan : Pengorbit Chang'e 1 Lunar diluncurkan ke bulan pada 24 Oktober 2007. Satelit Chang'e bulan dinamai Chang Er dan akan mengambil gambar 3D dari permukaan bulan selama setahun. Ini adalah dasar untuk selanjutnya Lunar Lander (Chang'e 2) yaitu proyek tahun 2012, Lunar Sample Return (Chang'e 3) pada tahun 2017 dan astronot Cina pada proyeknya ke bulan.

Update: The Chinese moon probe disebut Chang'e 2, diluncurkan pada 1 Oktober 2010 untuk memperingati ke-61 China National Independent Day. Chang'e 3 adalah pesawat ruang angkasa yang dijadwalkan mendarat di bulan pada tahun 2013.

II . The Man - Wu Kang
Wu Kang adalah seorang pemalas yang terkenal sepanjang waktu. Suatu hari dia memutuskan bahwa ia ingin menjadi kekal abadi. Wu Kang kemudian pergi untuk tinggal di pegunungan di mana ia belajar/berguru kepada seorang  immortal. Pertama gurunya mengajari tentang tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit, tapi setelah tiga hari kegelisahan cirikhasnya kembali dan ia meminta  immortal untuk mengajarinya tentang sesuatu yang lain. 

Jadi  immortal mengajarinya catur, tapi setelah beberapa saat semangat Wu Kang memudar lagi. Kemudian Wu Kang diberi buku keabadian untuk belajar. Tentu saja, Wu Kang menjadi bosan dalam beberapa hari dan bertanya apakah mereka bisa melakukan perjalanan ke suatu tempat yang baru dan menarik. 

Marah dengan ketidaksabaran Wu Kang, maka oleh master  immortal Wu Kang dibuang  ke Moon Palace dan mengatakan kepadanya bahwa ia harus menebang pohon akasia besar sebelum ia bisa kembali ke bumi. Meskipun Wu Kang setiap hari juga malam memotong pohon ajaib, tapi pohon ajaib tersebut selalu memulihkan dirinya pada setiap pukulan dan dengan demikian dia diatas sana masih terus menebang.

III. The Hare - Jade Rabbit
Dalam legenda ini tiga peri yang bijak mengubah diri mereka menjadi orang tua yang menyedihkan dan memohon sesuatu untuk makan dari rubah, monyet dan kelinci. Rubah dan monyet keduanya memiliki makanan untuk diberikan kepada orang-orang tua tersebut, tapi kelinci dengan tangan kosong menawarkan tubuhnya sendiri sebagai gantinya kemudian dia melompat ke api yang menyala untuk memasak dirinya sendiri. Orang bijak yang begitu tersentuh oleh pengorbanan kelinci, hingga kemudian mereka membiarkan dia tinggal di Moon Palace di mana ia menjadi "Jade Rabbit."
Sejarah Chinese Mid Autumn Festival
Moon Cake Chinese Mid Autumn Festival

IV. The Cake - Moon Cake
Selama dinasti Yuan (AD1280 - 1368) China diperintah oleh orang-orang Mongolia. Para pemimpin dari dinasti Sung sebelumnya (AD960 - 1280) tidak suka dengan pemerintahan orang asing, hingga kemudian mengatur cara bagaimana untuk mengkoordinasikan pemberontakan. Para pemimpin pemberontakan mengetahui bahwa Festival Bulan/The Moon Festival sudah dekat dan memerintahkan pembuatan kue khusus. 

Mundur ke setiap kue bulan adalah pesan dengan garis serangan. Pada malam The Moon Festival  para pemberontak berhasil menyerang dan menggulingkan pemerintah. Yang terjadi selanjutnya adalah pembentukan dinasti Ming (1368-1644 AD). Jadi untuk saat ini kue bulanlah yang dimakan oleh Bangsa Cina untuk memperingati legenda tersebut.

Itulah history atau sejarah Chinese Mid-Autumn Festival yang oleh orang Cina dirayakan pada setiap tahun dengan cirikhas kue bulan, artikel ini aku ambil sumbernya dari chinesefortunecalendar.

Post a Comment for "Sejarah Chinese Mid Autumn Festival"