Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Pohon mahoni bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, pohon ini berasal dari Hindia Barat, pohon-nya dalam waktu kira-kira setahun bisa tumbuh dengan tinggi 5-25 m. Daunnya saat masih muda berwarna merah kemudian akan berubah menjadi warna hijau tua. Bunga-bunga tersebut diatur dalam komposisi daun dari ketiak pohon. Bunga mahoni utama adalah berwarna cokelat silinder dan ringan. Kelopak berbentuk seperti sendok. 


Ciri-ciri buah mahoni diantaranya ber-mahkota silindris dengan warna kuning kecoklatan,  benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih dan kuning kecoklatan. Buahnya berbentuk kotak, oval, beralur lima dan berwarna coklat berbentuk pipih. Kayu pohon mahoni adalah produsen pohon kayu-keras dan bisa digunakan untuk perabot rumah tangga atau furniture. Beberapa Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan aku akan tuliskan seperti di bawah ini. 

Kandungan Buah Mahoni:

Buah mahoni memiliki kandungan flavonoid dan substansi yang disebut saponin . Flavonoid berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga untuk orang yang punya masalah tentang darah yang tersumbat bisa menggunakan buah ini sebagai obat. Khasiat flavonoid juga mampu untuk mengurangi kolesterol atau penimbunan lemak di pembuluh darah, mengurangi rasa sakit pada pendarahan dan memar dan dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas.


Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan
Biji Buah Mahoni 


Sementara itu saponin memiliki khasiat sebagai pencegah hama juga dapat digunakan untuk mengurangi lemak dalam tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, mencegah penggumpalan darah dan memperkuat fungsi jantung, juga bisa memperlambat proses pembekuan darah. Sekarang ini banyak buah mahoni yang dijual dalam bentuk ekstrak dan khasiat mahoni juga bisa untuk meningkatkan ukuran payudara dan sangat berguna untuk menghalusan kulit.

Mahoni juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit:
  • Tekanan darah tinggi ( hipertensi ) 
  • Kurangnya nafsu makan
  • demam 
  • Diabetes (Diabetes Mellitus) 
  • Kediinginan
  • Ekzema 
  • Reumatik
Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan
Pohon dan buah mahoni

Cara memanfaatkan buah mahoni yang digunakan adalah biji mahoni yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Mahoni bubuk biji dikonsumsi dengan meminum 1/2 sendok teh.


Untuk mengobati sakit Hipertensi/darah tinggi dan Low Appetite

Gunakan 8 gram biji baru diseduh dengan 2 gelas air panas kemudian setelah suhu turun/hangat disaring dan dibagi menjadi 2 bagian. Minuman dari buah mahoni dikonsumsi untuk diminum pada pagi dan sore hari. Kita juga bisa menggunakan 1/2 sendok teh bubuk kayu mahoni yang ditambahkan dengan air panas dan juga 1 sendok makan madu, minum selagi masih hangat  2-3 kali sehari.

Untuk mengobati sakit Diabetes

gunakan 1/2 sendok teh bubuk biji mahoni dan 1/3 cangkir air panas, minum selagi hangat yaitu 30 menit sebelum makan 2-3 kali sehari.

Itulah khasiat biji buah mahoni untuk kesehatan, mungkin banyak diantara anda semua yang belum mengetahui khasiatnya walau sering menjumpai buah mahoni. Sumber artikel Facts About Mahogany Fruit.

Post a Comment for "Khasiat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan"