BREAKING NEWS :
Loading...

Maksud DOCTYPE html Dan HTML5 Doctype Declaration


Maksud DOCTYPE html Dan HTML5 Doctype Declaration
Untuk yang mempunyai sebuah website atau blog memang penting untuk mengetahui hal-hal seperti ini yaitu tentang Maksud DOCTYPE html Dan HTML5 Doctype Declaration, apalagi untuk yang suka coding. Di dalam template sebuah website atau blog  pasti di bagian  paling atas ada bahasa tulisan <!DOCTYPE html>.

DOCTYPE Declaration 
Pada halaman tampilan atau disebut juga dengan "Source Code" maksud code tersebut adalah HTML yang menghasilkan halaman tersebut. Kalau dilihat dari PC di Chrome atau FireFox klik kanan pada bagian manapun pada halaman tersebut (kecuali iklan) dan pilih "View page source" atau untuk lebih mudahnya klik saja "Ctrl-U" dan kalau dalam browser IE "Ctrl-U" tidak akan bekerja tapi anda harus memilih untuk klik mouse sebelah kanan pada halaman atau  page dan pilih "View Source"

Kemudian pilih dan salin, pindahkan/paste ke Notepad atau editor teks apabila memang  perlu. 
Di bagian paling atas halaman Anda akan melihat deklarasi atau DOCTYPE Declaration:

<!DOCTYPE html> 

Seperti bahasa apapun, HTML5 memiliki tata bahasa dan kosa kata.

<!DOCTYPE html> terdapat di bagian paling atas setiap halaman HTML5

Kata HTML5 <!DOCTYPE html>
 berarti bahwa "halaman tersebut ditulis dalam HTML5"
 sebagai lawan dari
HTML 4.01.
Maksud DOCTYPE html Dan HTML5 Doctype Declaration
Mengapa mereka tidak hanya menulis <HTML5> atau < ! HTML5>? Berikut ini adalah contoh dari satu jenis umum pada XHTML:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">

Mudah-mudahan declaration DOCTYPE di HTML5 tidak akan berubah menjadi kacau dengan XHTML dan versi sebelumnya dari HTML. Jadi sekarang kesimpulannya adalah bahwa cara melihat kode dari page source adalah merupakan hal yang penting untuk diketahui. Kita menjadi tahu satu kata dalam HTML5: 

<!DOCTYPE html> = "HTML5"

dan kata atau tulisan:

<!DOCTYPE html>

selalu berada di bagian atas setiap halaman/page source. Maksud DOCTYPE html Dan HTML5 Doctype Declaration aku sudah menjelaskannya seperti di atas, untuk yang memang belum mengetahuinya semoga entri ini akan bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates: