BREAKING NEWS :
Loading...

Beberapa Komunikasi Yang Sehat Dalam Menjalin Hubungan

Beberapa Komunikasi Yang Sehat Dalam Menjalin Hubungan


Beberapa Komunikasi Yang Sehat Dalam Menjalin Hubungan

Komunikasi adalah kunci untuk menjaga hubungan yang sehat, tapi masih banyak orang yang tidak yakin apakah mereka harus selalu berkomunikasi atau tidak. Luangkan waktu untuk berbicara tentang berbagai topik agar tumbuh kebersamaan sebagai pasangan dan untuk mencegah hubungan agar tidak menjadi basi.

Menjalin hubungan disini maksudnya adalah hubungan relationship saat berpacaran dan hubungan rumah tangga (suami istri) untuk yang sudah menikah, harusnya memang selalu terjalin suatu hubungan atau komunikasi yang sehat. 

Kegiatan Harian 
Luangkan waktu untuk berbicara tentang kegiatan sehari-hari, juga bisa mendiskusikan misalnya tentang waktu bangun pagi, makan siang, atau apa yang anda bahas dengan rekan kerja, teman sekolah, dll karena semua itu bisa membangun rasa saling memahami dalam suatu hubungan.

Uang
Bisa juga membicarakan tentang uang anggaran, berdiskusi tentang tabungan dan kebiasaan belanja anda. Jika anda membicarakan tentang hal keuangan, cara mengatur beberapa tujuan keuangan, keduanya juga bisa membahas strategi untuk membantu mencapai tujuan tersebut.

Tempat Yang Ingin Dikunjungi
Memulai percakapan tentang tempat-tempat yang ingin anda kunjungi. Contohnya apakah anda ingin melakukan perjalanan ke rumah nenek, ingin pergi di kapal pesiar di seluruh dunia, dll karena diskusi tentang wisata dapat memicu banyak percakapan yang baru juga.

Pertumbuhan Emosional
Berbagi beberapa informasi tentang pertumbuhan emosional anda. Jika anda melihat diri telah menjadi lebih bijaksana atau malah kurang reaktif, lebih penyayang, berbagi dengan pasangan tentang pertumbuhan emosi, lihat juga pasangan anda. 

Tujuan Individual
Membicarakan tujuan individu juga merupakan cara komunikasi yang sehat contohnya apakah anda ingin menurunkan berat badan, ingin belajar memasak, menetapkan beberapa tujuan untuk diri sendiri dan mendiskusikan tujuan tersebut dengan pasangan anda adalah cara yang bagus juga.

Keyakinan Spiritual
Mulailah berbicara tentang keyakinan spiritual anda, bersedialah untuk mendengarkan keyakinan pasangan, terbuka untuk berbicara tentang persamaan dan perbedaan dalam keyakinan juga.

Acara TV 
Meskipun menonton TV bukan merupakan cara yang aktif untuk tumbuh bersama sebagai pasangan, tapi membahas apa yang anda tonton juga dapat membantu untuk belajar sesuatu yang baru tentang satu sama lain.


Beberapa Komunikasi Yang Sehat Dalam Menjalin Hubungan


Politik
Anda tidak harus setuju pada hal politik dan membicarakannya, tapi anda mungkin juga dapat belajar banyak tentang pasangan jika terdapat percakapan tentang hal politik. Setiap hubungan yang sehat harus memungkinkan masing-masing pasangan merasa cukup dihormati untuk berbagi pendapat, bahkan jika itu menentang pendapat pasangan yang lain.

Tujuan Masa Depan Hubungan
Diskusikan tujuan yang ingin diraih bersama sebagai pasangan. Semua hubungan yang sehat harus mencakup tujuan bersama untuk masa depan. Apakah tujuan anda adalah menjadi sukarelawan di tempat penampungan tunawisma bersama-sama atau menyimpan cukup uang untuk membeli mobil baru, dll. Bekerja sama untuk mencapai tujuan juga dapat membantu untuk tetap dekat bersama dengan pasangan.

Masa Lalu 
Pasangan anda tidak perlu tahu setiap kerangka dalam lemari anda. Namun, berbagi informasi tentang masa lalu, itu juga tidak ada salahnya, misalnya bicara tentang masa kecil anda, pengalaman masa lalu atau hambatan yang sudah bisa diatasi. Anda juga dapat berbagi tentang berapa banyak yang telah anda pelajari dan perubahan-perubahan yang pernah dilalui.

Nilai Diri
Sangat penting untuk berbagi nilai-nilai anda antara satu sama lain, misalnya bicara tentang prioritas dalam hidup. Sangat penting bagi pasangan untuk mengetahui bagaimana perasaan anda misalnya tentang pekerjaan, keluarga, pendidikan, teman-teman dan pemanfaatan waktu luang. Biarkan pasangan anda tahu tentang hal-hal yang penting dalam hidup, agar pasangan bisa mengetahui tentang nilai atau kelebihan dan kekurangan anda.

Impian 
Melamun bersama-sama juga bisa menjadi kegiatan yang besar dalam setiap hubungan yang sehat, diskusikan tentang impian anda.

Perasaan 
Tentu saja, membicarakan tentang perasaan adalah bagian penting dari komunikasi, bersedia untuk berbagi kegembiraan dan kesedihan dengan pasangan. Juga bersedia untuk berbicara tentang apa yang membuat anda merasa marah, saat anda kecewa dan ketika anda merasa malu atau sakit hati.

Keluarga
Apakah anda punya hubungan dekat dengan keluarga atau tidak, berbicara tentang keluarga itu penting juga karena hal ini dapat memberikan pasangan untuk melihat karakter dan hubungan yang anda miliki dengan anggota keluarga.

Hubungan 
Selalu berbicaralah dengan komunikasi yang sehat dan baik termasuk saat hubungan bermasalah, berbicara secara terbuka dapat memastikan suatu hubungan tetap sehat, harmonis dan menarik.

Tips tentang beberapa kominikasi yang sehat dalam menjalin hubungan seperti yang tertulis di atas semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: