Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Cara Sederhana Untuk Menghindari Prasangka

Beberapa Cara Sederhana Untuk Menghindari Prasangka


Beberapa Cara Sederhana Untuk Menghindari Prasangka

Prasangka atau Prejudice didefinisikan sebagai pendapat yang tidak menguntungkan atau perasaan yang terbentuk sebelumnya tanpa pengetahuan, pemikiran, atau alasan yang benar/jelas.  Meskipun prasangka sebagian besar diarahkan pada kelompok ras atau agama, prasangka juga dapat diarahkan pada individu atau kelompok apapun alasannya.

Kita harus berhati-hati terhadap prasangka, karena sebagian besar didasarkan pada alasan yang tidak masuk akal, dan bisa sangat menyakitkan ditujukan terhadap seseorang atau kelompok. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menghindari prasangka:

  • Tanyakan pada diri sendiri tentang seberapa banyak yang Anda tahu terhadap prasangka kepada seseorang atau kelompok, juga tentang darimana Anda mendapatkan informasi tersebut?
  • Cobalah untuk memahami diri Anda sendiri tentang kecenderungan mengapa Anda merasa dan bertindak seperti yang Anda lakukan? Memahami diri sendiri akan membantu Anda untuk lebih jauh menghindari prasangka.
  • Cari tahu sebanyak mungkin tentang perihal seseorang atau kelompok sebelum Anda membentuk opini, karena seringnya ide-ide yang belum dipahami (belum jelas) terbentuk dari asumsi yang tidak akurat.
  • Keraguan akan memberi manfaat kepada orang lain. Jika Anda mendengar sesuatu tentang perihal individu atau kelompok, carilah fakta-fakta kebenarannya dari orang lain atau anggota kelompok secara langsung daripada hanya mengandalkan informasi dari sumber lain yang tidak bisa dipercaya. Seringkali informasi ditransfer dari satu pihak kepada pihak lain, hal tersebut juga tergantung pada siapa Anda berbicara.
  • Kita harus memiliki sikap objektif, berpikiran terbuka (open mind) dan jangan cepat untuk memberikan penilaian.
  • Cobalah untuk mengenal lebih dekat terhadap seseorang atau kelompok. Anda mungkin akan mendapat surprise karena  menemukan teman yang baru.
  • Perbedaan akan membuat hidup lebih menarik dan tidak membosankan, maka kita harus belajar untuk menerima dan toleran terhadap perbedaan seseorang atau kelompok lain.
  • Memperlakukan orang lain dengan rasa hormat (respect) tidak hanya melihat kesamaan, dari cerminan karakter orang lain yang berbeda-beda.
  • Hindarilah dalam mencoba untuk mengubah seseorang. Belajarlah untuk memiliki perspektif yang berbeda dan Anda mungkin hanya membuat perbedaan dalam cara Anda memperlakukan orang lain.

Artikel ini berhubungan dengan entri yang aku tuliskan sebelum ini yang berjudul Definisi Prasangka Dan Cara Menghadapinya. Beberapa cara sederhana untuk menghindari prasangka sudah aku tuliskan dengan simple di atas.

Mari kita belajar untuk selalu menghilangkan prasangka buruk yang mungkin terjadi karena dugaan-dugaan terhadap seseorang atau kelompok, sebelum mengetahui hal sebenarnya. Keep positif thinking always, that is better.