BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Mudah Menghapus Pengikut Atau Follower Blog

Cara Mudah Menghapus Pengikut Blog

Cara Mudah Menghapus Pengikut Atau Follower Blog

Sudah beberapa tahun blog loveheaven07 ini berdiri, so sudah beberapa tahun juga aku ngeblog, jadi seorang blogger, tentu saja dengan menggunakan template blogger. Awal nge-blog memang aku tidak tau apa-apa tentang coding, code, JS, css, etc.

Dari mana aku belajar? Awalnya aku belajar ngeblog adalah dari tutorial, dari teman, dari hasil googling, dari blogwalking (BW) dengan mengunjungi blog orang lain. Dari blogwalking aku bisa mendapatkan tutorial blog juga, bisa melihat desain blog teman lain, bisa mengenal blogger lain, bisa menambah teman.

Kembali pada topik tentang pengikut atau follower blog, awal aku ngeblog sering mengikuti blog lain hingga blog yang aku ikuti mencapai ratusan jumlahnya, banyak banget. Sekarang ini aku sudah jarang melakukan blogwalking dan nge-follow blog lain, tapi aku aktif di Google Plus.

Dua hari yang lalu aku mengecek blog-blog yang aku ikuti dan ternyata....banyak blog yang sudah tidak aktif, banyak blog yang domain-nya tidak disambung hingga tidak aktif juga. So blog yang aku follow, jumlahnya banyak itu hanya memenuhi dasbor-ku. Entah mengapa mereka tidak aktif nge-blog lagi, mungkin karena sibuk tidak punya waktu, tidak niat ngeblog atau pindah alamat blog baru.

Ada banyak blog yang aku ikuti terakhir posting pada tahun 2012, 2013 yaitu blogger-blogger yang dulu juga aktif blogwalking denganku. Agak capek juga aku nge-remove blog-blog yang aku ikuti kemarin yaitu blog yang sudah tidak aktif, atau blog yang halamannya kosong dan jumlahnya banyak, sayang sekali.

Untuk nge-unfollow blog yang telah kita ikuti juga butuh koneksi yang bagus, cara mudah menghapus pengikut atau follower blog adalah seperti gambar contoh di bawah ini:

cara mudah menghapus pengikut atau follower blog
Tekan gambar untuk memperjelas

Masuk dasbor, tekan bagian setting (sebelah: paling kanan atas), setelah itu nanti akan muncul semua blog yang kita ikuti (follow), tekan setelan setelah itu dan akan muncul new page seperti gambar di atas, dan tekan berhenti ikuti situs ini. Menjadi blogger memang kadang punya kendala, saat kita punya kesibukan yang lain dan lebih penting dan tidak sempat posting. Ada juga blogger yang selalu semangat, menyempatkan waktu untuk update postingan walau dalam keadaan sibuk.

Yang jelas setelah beberapa tahun aku nge-blog, Alhamdulillah blog ini masih bertahan, cuma pada bulan Januari kemarin blog loveheaven07 ini sempat down, malah bisa dibilang sampai sekarang masih agak down walau hampir pulih, karena aku ganti domain com (dari blogspot). Semoga blog ini seterusnya bisa bertahan....salam blogger.

Subscribe to receive free email updates: