Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadi Blogger Harus Kuat Mental

Jadi Blogger Harus Kuat Mental


Jadi Blogger Harus Kuat Mental

Entri ini merupakan edisi curhat saja, tulisan santai, judulnya juga santai dan akan aku masukkan ke label tutorial blog. Jadi blogger harus kuat mental memang karena kalau tidak, blog atau web nya kadang atau pasti tidak akan bertahan lama dan akhirnya jadi blog zombie.

Tip untuk blogger pemula

Iya aku sudah sering mengatakan di sosial media atau di BLOG aku ini bahwa tidak ada sesuatu apapun yang bisa dicapai dengan instan, termasuk dalam nge-blog. Setiap blogger pasti pernah menjadi pemula, pemula yang aku maksud adalah saat pertama awal kita mengenal blog, bikin blog, belajar ngeblog.

Untuk blogger pemula memang harus rajin-rajin belajar, semangat, jangan putus asa. Blogger pemula biasanya selalu ganti template sampai template nya nyaman, mudah untuk di desain. Blog kalau desainnya begitu-begitu saja kadang membosankan, kadang juga perlu di rubah asal perubahan itu adalah perubahan ke desain yang lebih baik, menjadi friendly.

Untuk teman-teman blogger pemula, teruslah belajar dan jangan putus asa, juga harus niat untuk selalu mempertahankan blog-nya:

  • belajar desain blog
  • belajar memperbaiki error w3c html
  • belajar code-code css
  • jangan pasang widget atau gadget yang tidak penting
  • selalu posting, harus menyempatkan posting
  • blogwalking kalau perlu agar kenal dengan blogger lain
  • masuk atau join ke komunitas blogger
  • usahakan agar blog selalu simple dan friendly
  • usahakan agar blog-nya loadingnya ringan
  • sering posting akan membuat google akrab dengan blog kita hingga artikel akrab di SERP (search engine result pages)
  • tidak usah desain yang aneh-aneh hingga membuat loading berat
  • .....ada tambahan? silahkan tulis di komen, mari kita berbagi ilmu karena saya juga sedang belajar

Ini soal desain blog, menurut pengalamanku sendiri, saat aku awal ngeblog kadang stress saat nge-desain blog, galau saat mengatur css, background, inginnya blog terlihat cantik, cute, padahal setelah aku pikir dan belajar bahwa desain blog lebih enak kalau simple, memakai template simple, tidak aneh-aneh hehe....Dan kalau blog desainnya aneh sedikit saja, contoh simple: ukuran font yang kegedean itu sudah termasuk error. Jangan lupa untuk test blog atau web anda ke link di bawah ini:


Sengaja aku bikin entri dengan judul jadi blooger harus kuat mental, karena aku melihat teman-teman blogger seangkatanku (2010) yang sudah pada gulung tikar dan blog nya berubah menjadi blog zombie hehe...Kalau aku sendiri sering terhalang oleh kesibukan lain di dunia nyata. Kita nge-blog juga tergantung niatnya, ada yang berniat untuk dipakai bisnis online, sebagai hobby, etc enjoy nge-blog, enjoy menulis, enjoy berbagi ilmu yang bermanfaat, jangan putus asa, berbagi itu indah, salam blogger.

6 comments for "Jadi Blogger Harus Kuat Mental"

  1. Kalau di akadei Berbagi, semboyannya "berbagi bikin Happy" heiheihiee. Iya saya juga termasuk masih belajar juga. Urusan blog adalah urusan kesenangan. Jadi kalau sudah merasa senang, ke sana kemariny aenak, Jadi tips dari saya untuk jadi blogger itu hati atau suasana Hati harus senang Hiheiheiheiiehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enjoy ngeblog selalu, walau kadang terutama dulu saya juga sering galau nge-blog terutama tentang postingan2 awal ngeblog yang amburadul, harus belajar step by step dan tak akan berhenti belajar, ngeblog dengan enjoy dan saling sharing ilmu hehehe....sip bang :D

      Delete
  2. Memang benar,ngeblog itu harus kuat mental.Saya sendiri sudah merasakannya,banyak suka duka yang dirasakan selama ngeblog.

    ReplyDelete
  3. bener sih walaupun desainnya masih cupu cuma mengandalkan default dari blogspot. belajar dari yang pro aja deh kaya tante alice ini. wkwkwk
    visit juga dong www.ihsandonesian.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Blogwalking .. dari email kesini .. mampir liat-liat artikel .. ehm bagus juga

    ReplyDelete