BREAKING NEWS :
Loading...

Yang Harus Dilakukan di Era Informasi Digital

Yang Harus Dilakukan di Era Informasi Digital


Yang Harus Dilakukan di Era Informasi Digital

Jaman semakin modern, dan kebanyakan informasi bisa didapatkan secara digital melalui media elektronik dari telpon pintar atau smartphone. Kebanyakan orang dimanapun sudah merata memiliki telpon pintar dengan sarana internet jang juga sudah merata sampai di pedesaan, orang-orang yang dulunya gaptek menjadi bertambah wawasan, dan makin kreatif.

Selain melalui media televisi atau TV, saat ini orang bisa mendapatkan informasi secara cepat dari internet. Dari smartphone android orang bisa install atau download aplikasi seperti yang diinginkan, baik apk (aplikasi) portal berita, film, pendidikan, e-book, games, musik, entertainment, dll. Jaman sudah mengarah ke informasi digital.

Lalu orang-orangnya atau kita sebagai user harus bagaimana dalam memanfaatkan teknologi yang semakin maju ini? Kecerdasan pikiran di era digital tidak bisa dicapai secara instan terutama oleh orang yang baru mengenal internet. Informasi atau berita yang ditulis oleh media belum tentu semuanya valid atau benar, tapi selalu menjadi bahan yang menarik untuk dibaca oleh orang awam.


Yang Harus Dilakukan di Era Informasi Digital


Orang awam kadang masih banyak yang menanggapi berita dengan menelan mentah-mentah tanpa menyelidiki dulu tentang kebenarannya. Disitu kita harus berfikir cerdas, berfikir menggunakan nalar atau logika, atau jangan ikut campur, jangan/tidak terpancing olehnya. Kalau aku sendiri, dan mungkin Anda juga lebih memilih untuk tidak ikut campur tentang isu panasnya berita yang sering dibuat oleh pihak yang punya kepentingan tertentu.

Ah, otak ini sebaiknya jangan dipenuhi oleh energi atau pengaruh negatif dari media, mending mengurusi atau konsentrasi dengan aktivitas atau pekerjaan sendiri. Jangan sampai pikiran menjadi stres karena memikirkan atau ikut campur dalah hal yang sedang memanas (politik, sara contohnya) yang sebenarnya bukan urusan kita.

Di era kemudahan informasi digital kita harus memperbanyak membaca tentang sesuatu yang positif, agar energi positif bisa masuk dalam diri kita. Pengaruh negatif di era digital juga banyak sekali, dan sebaiknya kita mawas diri, pintar menyaring informasi. Banyak membaca akan menambah pengetahuan, pengalaman, dan kalau kita tidak bersosialisasi, mengikuti informasi maka kita akan ketinggalan jaman, dan pikiran kita tidak bisa maju, alias akan ketinggalan di belakang.


Subscribe to receive free email updates: