BREAKING NEWS :
Loading...

Khasiat Jahe Dapat Melancarkan Pencernaan dan Melegakan Perut Kembung

Khasiat Jahe Dapat Melancarkan Pencernaan dan Melegakan Perut Kembung

Khasiat Jahe Untuk Melancarkan Pencernaan dan Melegakan Perut Kembung

Jahe (Zingiber officinale) lebih dikenal sebagai akar (root) yang rasanya pedas, digunakan oleh manusia sebagai bumbu makanan dan obat karena khasiatnya yang banyak. Salah satu khasiat jahe adalah dapat melancarkan pencernaan dan melegakan perut kembung.

Kadang setelah kita makan perut terasa kembung seakan ada ganjalan seperti ada batu dalam perut. Itu karena ada gangguan percernaan yang menyebabkan sendawa, hingga perut terasa tidak nyaman.

Jahe bisa mendukung untuk membantu dalam melancarkan pencernaan. Dispepsia fungsional adalah istilah klinis yang digunakan untuk menggambarkan ketidaknyamanan di bagian perut bagian atas seperti refluks asam yang dianggap terkait dengan perlambatan sistem pencernaan, dan jahe telah terbukti membantu masalah tersebut.

Jahe bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengosongkan makanan dari lambung dengan lebih cepat (pengosongan lambung). Dengan peningkatan motilitas dalam sistem pencernaan ini, kecil kemungkinan terjadinya mulas atau gangguan pencernaan. 

Faktanya, dalam satu study penelitian oleh partisipan kesehatan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kapsul jahe (1200 mg) beserta makanan dapat merangsang pencernaan sedemikian rupa sehingga kecepatan pengosongan lambung menjadi berlipat ganda.

Semakin efisien pencernaan Anda, semakin banyak energi yang akan Anda miliki karena para peneliti telah menemukan bahwa sekitar 60 persen energi tubuh Anda digunakan untuk metabolisme. Jika jahe dapat melancarkan pencernaan, metabolisme tubuh Anda akan meningkat dan energi akan lebih banyak tersedia. 

Hal ini dimungkinkan karena semakin cepat Anda dapat mencerna makanan, semakin cepat Anda akan menyerap vitamin dan mineral dari makanan yang dimakan. Anda juga akan memiliki makanan yang kurang tercerna di saluran pencernaan, makanan akan menyerap energi saat dibiarkan tidak tercerna. 

Jadi jahe tidak hanya merangsang pencernaan dengan memperbaiki gejala dispepsia dan mempercepat pengosongan lambung, tetapi juga menguntungkan tingkat energi Anda secara keseluruhan.

Subscribe to receive free email updates: