BREAKING NEWS :
Loading...

Beberapa Manfaat, Keuntungan dan Alasan Menjadi Penulis

Manfaat, Keuntungan dan Alasan Menjadi Penulis

Di jaman sekarang ini dunia teknologi bisa menjadi teman terbaik kita. Kita bisa menulis apa saja dengan mengambil sumber dari internet dengan media digital, handphone, lap top, komputer, dll. Kita bisa menulis tentang film, musik, emosi, perasaan, berita, opini hingga tips tentang kesehatan, penjagaan diri, dll. Kita bisa mencari sumber atau bahan dari mana saja, sambil menggali dan berbagi ilmu.

Beberapa Manfaat, Keuntungan dan Alasan Menjadi Penulis:

Kita bisa belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri

Menuliskan perasaan dan ide tentang berbagai hal bisa membuat kita lebih memahami diri sendiri dari setiap entri yang kita tulis. Setelah aku mulai menulis di berita, puisi, dan artikel aku lebih bisa menemukan banyak hal tentang diri sendiri.

Kebebasan mengeluarkan ide dari pikitan kita

Sepanjang hidup kadang aku lebih banyak diam, karena itu aku tidak banyak menyuarakan pendapat di tempat-tempat umum dan bahkan ketika di hadapan orang yang aku percayai seperti keluarga, padahal itu bukan diriku yang sebenarnya. Tetapi menulis memberi aku kebebasan untuk mengeluarkan ide dalam pikiran dan apa pun yang ingin aku ungkapkan bisa terungkap melalui kata-kata. Rasanya seperti menciptakan dunia baru, bisa mengungkapkan kehidupan yang kita jalani dengan bebas dan leluasa.

Menulis adalah terapi

Kadang terdapat hal-hal yang terasa tidak nyaman untuk dikatakan kepada siapa pun, tetapi mengungkapkan atau menuliskan hal-hal tersebut di selembar kertas atau apa pun, akan membuat kita bisa menyingkirkan beban pikiran yang berat sehingga mengurangi tekanan pikiran secara berterusan dalam kehidupan.

Memberi makna dan tujuan dalam hidup

Kadang kita merasa seperti tidak punya bakat apapun dan terasa seperti tidak memiliki tujuan dalam hidup. Setelah memutuskan untuk menulis kita merasa bisa melakukan sesuatu. Menulis bisa memberi makna dan tujuan dalam kehidupan, kita benar-benar dapat mempengaruhi orang lain dan diri kita sendiri dengan cara yang positif. Menulis juga menyatukan orang-orang di seluruh dunia dan membuat kita merasa tidak begitu kesepian di alam semesta yang luas ini.

Tulisan kita akan abadi

Seni dalam jenis apa pun adalah abadi, termasuk menulis. Di sekolah kita akan membaca buku  di perpustakaan dan buku-buku tersebut akan tetap tersimpan abadi. Ada begitu banyak teori, cerita dan puisi yang akan membuat pengetahuan kita bertambah, dan juga dapat mengajarkan kita tentang pelajaran kehidupan yang sangat bergharga.

Menulis membuat kita merasa terbuka

Menulis membuat kita merasa terbuka, dan tidak ada yang harus disembunyikan. Kita bisa mengungkapkan perasaan seperti kemarahan, kesedihan, dan cinta dengan harapan perasaan kita bisa dipahami tanpa harus memakai topeng. Menulis adalah salah satu hal paling manusiawi yang bisa kita lakukan dan membuat kita menjadi lebih bersemangat.

Bisa melihat dunia melalui visi yang berbeda

Menulis akan membuat kita menyadari bahwa pandangan kita tentang dunia adalah sangat berbeda dari orang lain, kita bisa mengemukakan pendapat dengan bebas. Bedakan pandangan orang lain dengan diri sendiri, apakah sama atau berbeda. Kita bisa mendapati bahwa pandangan dan pikiran kita sama dengan orang lain, dan itu akan membuat kita menjadi lebih percaya diri, tetapi juga menghargai, menghormati orang lain yang berpikir dan punya pandangan berbeda.

Membangun kreatifitas dan imajinasi

Menulis membuat kita ingin menguji berbagai kemungkinan. Setiap kali kita menulis, kita akan merasa sangat imajinatif, membuka pikiran kita dengan lebih luas. Itu akan membuat kita membayangkan berbagai skenario dalam hidup, dan juga bisa membayangkan hal-hal yang tidak pernah bisa terjadi dalam kehidupan nyata. Kreativitas dan imajinasi selalu berjalan seiring.

Segalanya menjadi mungkin

Menulis tentang kehidupan membuat kita benar-benar percaya bahwa segala sesuatu menjadi mungkin, ketika kita masih dapat bernafas. Setiap kali kita menulis tentang mimpi, harapan, dan perasaan, kita merasa lebih penuh harapan dan tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Membuat kita menerima diri sendiri

Inilah alasanku suka menulis karena punya banyak keuntungan secara pribadi menambah ilmu dan pengetahuan. Melalui tulisan aku telah belajar untuk menerima kekurangan diri, dan sadar, juga mengerti bahwa aku dapat meningkatkan potensi diri, juga menerima keadaan diri sendiri. 

Dalam menulis kita membutuhkan pengalaman dan pandangan yang luas, hal itu bisa kita dapatkan dari manapun di era digital ini. Apapun bisa kita jadikan sumber yang mengarah ke hal positif.

Subscribe to receive free email updates: