BREAKING NEWS :
Loading...

Gaya Hidup Sehat Untuk Mental Yang Sehat

Gaya Hidup Sehat Untuk Mental Yang Sehat

Terkadang mempertahankan gaya hidup sehat merupakan tantangan luar biasa yang tidak sesuai dengan kenyataan di kehidupan sehari-hari. Sulit untuk menahan pekerjaan yang memakan banyak waktu, atau makan dengan baik, melatih diri untuk olah raga rutin, membuat jus buah atau sayur sendiri, untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, pasangan, dan bermeditasi selama satu jam setiap hari.

Banyak gaya hidup sehat yang berupa hal-hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari, hal-hal yang sangat kecil sehingga tidak terasa penting, tetapi dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu, untuk menghasilkan suatu hasil yang lebih besar seperti hal-hal berikut ini:

Minum air mineral setelah bangun pagi

Kopi memang enak, tetapi yang terbaik untuk memulai hari Anda mulailah melembabkan kembali tubuh dengan segelas penuh air mineral atau air putih setelah bangun pagi. Menghidrasi pertama kali di pagi hari dengan air mineral bisa membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan energi.

Dapatkan sinar matahari setiap hari

Vitamin D adalah salah satu nutrisi terpenting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan sinar matahari adalah sumber yang bagus.

Isi rumah dengan tanaman hias

Tanaman hias membantu membersihkan udara dalam ruangan kita. Bisa memperindah ruangan, dan penelitian bahkan menunjukkan bahwa manfaatnya bisa meningkatkan suasana hati, kreativitas, dan penyelesaian masalah.

Mindset positif

“Satu-satunya perbedaan antara hari yang baik dan hari yang buruk adalah sikap Anda.” Itu benar, pola pikir adalah segalanya. Kembangkan pola pikir positif dengan mengenali pola pikir negatif dan mengatasinya dengan pikiran atau afirmasi positif.

Mendapatkan tidur yang cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam. Tips-nya adalah dengan mendapatkan kualitas tidur yang nyaman, menjaga kamar tidur agar tetap dingin di malam hari, menghindari cahaya biru setelah gelap.

Habiskan waktu sendirian

Menghabiskan waktu reguler sendirian bisa membantu untuk mengenal diri sendiri, dan mengoreksi apa yang pernah Anda lakukan, dan apa yang Anda inginkan, sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang memang disengaja. Beberapa orang menikmati hiking, berjalan-jalan atau berlari, bermeditasi, atau berjemur sebagai sumber menuju mental dan badan yang sehat sewaktu sendirian.

Bersantai menikmati hidup

Ini sering diabaikan pada setiap elemen penting dari hidup yang sehat yaitu melakukan hal-hal yang benar-benar bisa Anda nikmati setiap hari. Baik itu olahraga, membuat roti, membuat kerajinan, membaca buku atau menonton TV, sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai secara pribadi.

Senyum

Senyum sebenarnya bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, jadi tersenyumlah sesering mungkin sepanjang hari.

Belajar untuk mengatasi ketakutan

Rasa takut dapat menahan dan menjauhkan kita dalam menjalani kehidupan yang terbaik untuk diri kita sendiri. Akui ketakutan Anda dan ambil langkah untuk mengatasinya. Salah satu contohnya adalah mengatasi ketakutan Anda berbicara di depan umum untuk membuka pintu baru dalam karier dan kehidupan pribadi Anda.

Mengelola stress dengan penjagaan diri

Stres kronis dapat merusak kesehatan fisik dan mental Anda. Kenali stres Anda yang memicu tekanan, dan lakukan hal-hal yang dapat membantu menenangkan jiwa ketika Anda sedang stress sehingga Anda dapat secara proaktif mengatasi stres dan mempertahankan tingkat kesehatan.

Lakukan puasa intermiten (intermittent)

Kita tidak benar-benar melakukan diet dan hal itu tidak menyenangkan. Tetapi puasa intermiten (intermittent) adalah (lebih) merupakan pengaturan pola makan daripada diet. Ini memiliki beberapa manfaat kesehatan yang terkenal, dan dapat membantu mempercepat metabolisme untuk mendorong penurunan berat badan.

Melatih diri untuk bersyukur

Berlatihlah bersyukur setiap hari, ini bisa terjadi ketika Anda bangun tidur, sebelum tidur, atau selama istirahat pada makan siang di tempat kerja. Dengan melatih diri untuk lebih banyak rasa terima kasih (rasa syukur) dalam kehidupan sehari-hari Anda, itu akan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental dari berlatih syukur secara teratur.

Jalan kaki walau sebentar

Ketika kita bergaya hidup sehat, itu sedikit lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Jika Anda ingin berjalan-jalan tetapi tidak punya waktu untuk berjalan kaki selama setengah atau satu jam seperti biasanya, berjalan-jalanlah sebentar di sekitar keberadaan Anda. Berjalan kaki selama 5 menit lebih baik daripada tidak berjalan sama sekali.

Tentu saja gaya hidup sehat adalah dengan cara menggabungkan semua hal tersebut di atas, jika Anda menginginkannya, tetapi itu tidak harus ditentukan oleh tampilan kesehatan dan kebugaran yang semegah mungkin.

Subscribe to receive free email updates: