BREAKING NEWS :
Loading...

Lakukan Ini Ketika Anda Putus Asa

Lakukan Ini Ketika Anda Putus Asa

Sangat mudah untuk membiarkan pikiran dan emosi negatif merayap ke dalam hidup Anda dan mengambil alih kesehatan mental. Suara itu ada di pikiran Anda dan bisa terdengar sangat keras, tetapi Anda harus ingat bahwa Anda lebih kuat dari semua itu. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah penguatan positif untuk mengingatkan diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. 

Katakanlah pada diri dan pikiran Anda hal-hal positif  ketika Anda merasa putus asa dalam kehidupan:

Semua terjadi hanya sementara

Apa yang Anda alami sekarang tidaklah permanen dan suatu saat Anda akan berhasil. Hal itu akan berlalu, dan perjuangan apa pun yang Anda hadapi sekarang akan segera berlalu. Hidup Anda akan berubah dalam waktu singkat seiiring dengan berjalannya waktu, dan masalah yang Anda hadapi tidak akan mengganggu Anda secara berkepanjangan.

Tinggalkan masa lalu

Jangan berkecil hati jika Anda tidak mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan. Ketika ada kesempatan yang tepat, Anda akan mendapatkan keinginan tersebut.

Optimis bahwa segalanya bisa berhasil

Anda akan bahagia dan mendapatkan hal-hal yang layak untuk Anda dapatkan dalam hidup, bahkan walau itu membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari yang Anda harapkan. Anda sedang berada dalam perjalanan dan belum mencapai titik akhir, jadi jangan merasa sedih karena tidak berada di tempat yang seharusnya ingin Anda tuju. Semua akan berhasil pada akhirnya dan Anda akan menemukan hal-hal yang benar-benar harus dilakukan dan jalan yang benar-benar harus diambil.

Yakin bisa mencapai yang Anda harapkan

Percayalah pada kemampuan Anda untuk mencapai apa pun yang Anda inginkan dan ingatkan diri sendiri betapa kuat dan cekapnya Anda melakukan sesuatu. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa terus berjuang mencapai titik kebahagiaan. Kemajuan membutuhkan waktu dengan langkah-langkah kecil yang bisa menghasilkan perbedaan besar, jadi jangan pernah meremehkan kemampuan Anda sendiri, tetap memperkuat keyakinan dan tujuan tersebut dalam diri Anda. Katakan pada diri, ''Aku pasti bisa.''

Anda cukup baik

Sangat mudah untuk terus membandingkan diri Anda dengan orang lain, terhadap orang-orang di media sosial, terhadap orang-orang yang tampaknya bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih baik daripada Anda. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa, dan bahwa Anda tidak bersaing dengan orang lain selain dengan diri Anda sendiri. Cobalah untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain dan jangan mendengarkan orang-orang yang mencoba merusak harga diri Anda. Jangan meminta persetujuan dari orang lain, satu-satunya orang yang Anda butuhkan adalah diri sendiri.

Tinggalkan masa lalu dan fokus ke depan

Pikirkan tentang masa depan, pikirkan betapa berbedanya antara kemarin dan masa depan, pikirkan tentang seberapa banyak hal yang akan berubah dalam waktu dekat dan betapa bahagianya ketika Anda bisa mencapainya. Jangan fokus pada kesalahan masa lalu, tetapi fokuslah pada rencana hari esok yang Anda buat dan jalani. Visualisasikan tujuan Anda, visualisasikan kehidupan ideal Anda dan fokus pada kerja keras untuk mewujudkannya.

Semuanya tidak harus sempurna untuk saat ini 

Anda tidak harus memiliki semuanya seketika. Ada hikmah ketika Anda tidak memiliki segala yang sempurna untuk saat ini. Setiap orang punya nasib dan jalan hidup yang berbeda, dan setiap orang bisa mencapai versi kehidupan sempurna pada tahap yang berbeda pula. Jika Anda sekarang belum bisa mencapai tujuan, itu lebih dari cukup. Anda akan sampai ke tujuan pada akhirnya.

Tidak masalah jika mereka punya pencapaian melebihi Anda

Tidak masalah jika mereka memiliki gaji yang lebih besar, tidak masalah kalau mereka memiliki gelar yang lebih tinggi, dll. Kebanyakan orang hanya menilai dan tahu luarnya saja, sebenarnya perjuangan mereka tidak mudah, mereka yang terlihat sempurna sebenarnya tidak selalu sesempurna. Anda tidak bersaing dengan orang lain. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain dan jangan berkecil hati atau merasa sedih karena hidup Anda tidak selengkap orang lain.

Anda bebas memutuskan yang terbaik

Anda tidak terjebak dalam kehidupan, dan Anda juga tidak lepas kendali. Anda memiliki kemampuan untuk memilih apa pun yang Anda inginkan dalam hidup dan mampu menciptakan kehidupan yang ingin Anda jalani. Anda dapat membuat pilihan dan juga membuat keputusan untuk meninggalkan tempat dimana Anda berada sekarang, dan menciptakan lingkungan yang Anda sukai untuk bangkit. 
Tidak ada yang memaksa Anda untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan, dan Anda memiliki kendali penuh pada diri sendiri untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Jangan merasa bersalah karena tidak mengikuti jalan tertentu untuk menyenangkan orang tua, pasangan, atau teman Anda. Lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan apa yang paling bermanfaat bagi kesehatan mental dan kesejahteraan hidup Anda.
Pencapaian yang kecil juga penting

Jangan hanya fokus pada tujuan akhir, karena dengan melakukan hal itu Anda bisa berkecil hati dan merasa kewalahan dengan apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya. Ambil segala sesuatu hari demi hari, step by step, dan ucapkan syukur kepada diri sendiri terhadap pencapaian walau kecil. Langkah-langkah kecil akan membawa Anda ke tujuan yang besar, jadi banggalah pada semua yang telah Anda capai, tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan instan.
Ini adalah beberapa cara sederhana ketika Anda merasa putus asa saat mengalami kegagalan-kegagalan yang akan membawa lebih banyak hal positif ke dalam hidup Anda. Apakah Anda menghadapi depresi, kecemasan, suasana hati yang buruk atau masalah kesehatan mental lainnya, semoga tips di atas bisa membantu. Teruslah bersemangat, kuat dan selalu percaya diri!

Subscribe to receive free email updates: