BREAKING NEWS :
Loading...

Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga apakah Anda pikir perawatan diri itu tidak mungkin tercapai? Perawatan diri untuk ibu rumah tangga yang sibuk adalah sangat mungkin, dan yang lebih penting itu sangat perlu. Anda tidak dapat merawat keluarga dan anak-anak Anda jika Anda tidak bisa merawat diri sendiri terlebih dahulu.

Kita sebagai wanita memiliki lebih banyak tanggung jawab setelah menikah daripada sebelumnya. Tidak mengherankan bahwa perawatan diri kadang-kadang agak susah pada seorang ibu rumah tangga. Ibu adalah pengasuh utama anak-anaknya, peran ibu sangat penting untuk anak.

Dan ketika Anda menjadi ibu baru, Anda tidak hanya perlu belajar tentang cara merawat bayi Anda, tetapi Anda juga perlu belajar cara merawat diri sendiri sebagai seorang ibu. Begitu Anda berumah tangga dan punya anak, bukan tidak mungkin tubuh Anda berubah, menjadi gemuk misalnya.

Merawat bayi yang baru lahir memerlukan kerja keras, secara fisik dan mental itu sangat melelahkan, tetapi juga menyenangkan.

Ibu rumah tangga yang baik adalah yang bisa memberikan seluruh waktu untuk bayinya, dalam merawat mereka, bercakap, bernyanyi, bermain, membuai mereka untuk tidur. Itu adalah naluri keibuan untuk merawat dan melindungi anaknya.

Berani kita katakan itu normal ketika kehilangan diri selama beberapa tahun setelah menikah, yang tidak beres adalah jika Anda tidak menemukankan diri Anda kembali. Perawatan diri untuk ibu bukanlah ide mitologis yang dibuat oleh ibu sempurna seperti dalam iklan-iklan.

Pentingnya Perawatan Diri untuk Ibu Rumah Tangga

Motivasi Anda harus berasal dari makhluk kecil (anak). Jika Anda memberikan contoh perawatan diri kepada anak-anak Anda, mereka juga akan belajar bahwa keinginan dan kebutuhan mereka juga sama penting.

Setelah menjadi ibu rumah tangga, kita akan menyadari bahwa ini bukan sesuatu yang akan dilakukan dengan mudah, dan kemungkinan besar akan menjadi perjalanan panjang. Belajar bagaimana menyeimbangkan peran ibu dan diri akan membutuhkan waktu.

Pikirkan cara Anda memberi makan keluarga Anda

Jika anak-anak kita menginginkan lebih banyak makan buah, sayuran, atau makanan kesukaan, seorang ibu akan memberikannya kepada mereka. Seorang ibu akan memastikan agar keluarga mendapatkan yang terbaik dari semuanya, sampai kadang lupa untuk merawat diri sendiri. 

Tetapi kita harus menyadari hal tersebut, dan menyadari bahwa kesehatan Anda sama pentingnya dengan kesehatan mereka, itu adalah langkah pertama. Anda sebagai seorang ibu akan mengenal diri Anda lebih baik daripada orang lain.

Perawatan diri hanyalah melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Luangkan waktu untuk melakukan apa yang membuat jiwamu, nyaman dan bahagia, seperti di bawah ini:

Buat daftar hal-hal yang Anda sukai sebelum anak-anak

Pilih satu aktivitas dari daftar yang belum Anda lalukan, dan lakukanlah, mulailah dari hal kecil. Seringkali terbayangkan bahwa perawatan diri sebagai seorang ibu adalah dengan merawat diri di salon. Bukan itu yang dimaksud dengan perawatan diri, meskipun waktu di salon akan menyenangkan.

Hal-hal kecil seperti mandi atau mandi yang dilakukan sehari-hari sebagai seorang ibu dapat merevitalisasi, tetapi juga kadang terabaikan.

Berolahraga di rumah

Bergerak dan tetap aktif lebih penting dari sebelumnya, dan mari kita hadapi kenyataan itu, bahwa kita tidak akan menjadi lebih muda.

Jadi, jika Anda merasa terlalu sulit untuk pergi ke gym, maka hal yang lebih mudah untuk dilakukan adalah berolahraga di rumah.

Temukan aplikasi exercise atau senam yang cocok untuk Anda, senam yang singkat dan efektif, Anda bisa melakukan secara instan kapanpun, contohnya ketika anak-anak sedang sibuk, dan itu juga gratis.

Tidur yang cukup

Ketika Anda tidak cukup tidur, bisa saja mencari pelampiasan dengan marah-marah, dan mudah frustrasi dengan anak-anak Anda.

Menyayangi dirimu sendiri bukanlah kesombongan, itu adalah normal dan waras.
Lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup berarti membuat kita semua atau keluarga menjadi bahagia.

Libatkan anak-anak Anda

Jika Anda punya waktu bersama dengan anak-anak Anda, maka libatkan mereka dalam hobi dan hidup Anda sehingga mereka dapat melihat bahwa Anda lebih dari sekedar seorang ibu. Berikan mereka/anak Anda contoh yang baik melalui aktifitas positif Anda.

Lepaskan kontrol terhadap anak

Sadarilah bahwa suami Anda juga pantas memiliki kesempatan untuk terikat dengan anak-anak, tanpa Anda berada di sana. Anak-anak Anda juga perlu waktu untuk bersama ayahnya.

Yang terakhir harus Anda pikirkan

Ingatlah bahwa anak-anak Anda akan memperhatikan semua kelakuan dan tingkah laku Anda. Tunjukkan pada mereka, contoh-contoh nyata yang bisa menginspirasi, tunjukkan pada anak-anak bahwa Anda seorang ibu yang hebat.
Dan suatu hari nanti, anak-anak Anda juga akan menjadi dewasa dan tua, yang tidak bergantung pada Anda lagi. Ketika saat itu sampai dan terjadi, Anda akan tahu siapa diri Anda.

Subscribe to receive free email updates: