BREAKING NEWS :
Loading...

Saat Melakukan Kesalahan Tanpa Sengaja


Manusia adalah makhluk Allah. swt yang tidak sempurna. Ketidak sempurnaan itu bisa wujud salah satunya adalah dengan melakukan kesalahan atau khilaf. Kesalahan tidak selalu terjadi karena kesengajaan, kadang juga berlaku dalam kehidupanku.

Saat kita melakukan kesalahan yang tidak disengaja hati akan merasa kesal, menyesal, dan hal itu sudah terlanjur dilakukan. Jadi apa yang harus dilakukan selanjudnya? Introspeksi diri dan belajar dari kesalahan tersebut, lain kali harus lebih berhati-hati dalam melakukan apapun.

Ambil hikmah positifnya, tanpa melakukan khilaf, kesalahan kita tidak akan menjadi dewasa dan matang dalam berfikir. Dalam kehidupan ini kadang kita sudah berhati-hati dalam berjalan atau melakukan sesuatu, masih saja bisa tergelincir, tapi masih saja bisa terjatuh. Begitulah Allah menguji umat-Nya. Ya, sekali lagi ambil sisi positifnya dalam setiap kejadian.

Pada dasarnya setiap manusia punya naluri dan sifat yang baik, walau di dunia ini ada bermacam-macam kharakter manusia yang terdiri dari orang baik, penjahat, penipu yang menipu dengan berbagai macam cara karena hanya mementingkan kehidupan duniawi.

Aku juga manusia biasa yang kadang tidak sengaja melakukan khilaf, kesalahan. Dari situ aku belajar agar selanjudnya menjadi lebih baik, berusaha dan terus berusaha. Selalu berdo'a mendekatkan diri kepada Allah. swt agar dia selalu memberi petunjuk yang terbaik ke jalan-Nya, dalam setiap langkah kehidupan.

Ya Allah ampunilah segala kekhilafan hamba-Mu ini. Tunjukkanlah jalan-Mu, berilah kami umur yang panjang hanya untuk melakukan kebaikan, hanya untuk beribadah kepada-Mu. Amiin YRA.

Subscribe to receive free email updates: