BREAKING NEWS :
Loading...

PIDATO PRESIDEN JOKOWI PADA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2020

PIDATO PRESIDEN JOKOWI PADA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2020

Pidato Presiden RI oleh Bapak Joko Widodo dalam rangka memperingati HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2020 dilakukan pagi tadi melalui siaran langsung atau live pada pukul 8 pagi wib dengan tema:

PANCASILA DALAM TINDAKAN MELALUI GOTONG ROYONG MENUJU INDONESIA MAJU

Pidato lengkap oleh Bapak Presiden Joko Widodo adalah seperti di bawah ini:

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini, kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai Bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan, dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Dalam menghadapi semua ujian tersebut kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya. Menggerakkan persatuan kita, dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi.

Memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keperpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, RAS dan Agama. Serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Saya juga mengajak seluruh elemen bangsa dimana pun berada dari Sabang sampai Merauke, dari Mianga sampai Plorote untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan. Saling membantu, saling menolong dan saling bergotong-royong serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang, dalam menghadapi setiap tantangan yang yang menghadang.

Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki. Harus kita jadikan moment pemberubahan untuk memicu lompatan kemajuan, agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri, yang berdiri di atas kaki sendiri.

Tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah, tahun ini atau bahkan tahun depan situasi yang sulit masih akan kita hadapi. Situasi yang memerlukan daya juang kita kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit itu.

Kita tidak sendirian, 215 Negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan, tapi kita juga harus menyadari semua negara tengan berlomba-lomba untuk menjadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus, maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya.

Sebagai bangsa yang besar, kita juga harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimis, kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, ber-inovasi dan berprestasi di tengah pandemi covid ini.

Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita. Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, mari kita terus memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan, tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.
Selamat Hari Lahir Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita selalu bersatu, saling peduli, dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri kita tercinta ini.
DOA:

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dalam suasana yang khidmad ini, kami memohon kepada-Mu curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan yang telah mendahului kami. Khususnya pahlawan penggali dan perumus Pancasila. Terimalah bakti dan amal sholeh mereka.

Berikan kepada mereka tempat yang mulia di sisi-Mu ya Allah, alirkan semangat juang mereka ke dalam darah dan jiwa kami. Ya Allah Tuhan Maha Pemersatu, Bangsa Indonesia memanjatkan puji syukur kepada-Mu Engkau telah anugerahi kami falsafah Pancasila, falsafah yang membuat kami memiliki pegangan hidup bersama, membuat bangsa kami menyatu dalam keaneka ragamannya.

Falsafah yang memberi arah perjalanan bangsa menuju cita-cita. Wahai Engkai Dzat Yang Maha Esa, yang nama-Mu tercantum dalam sila pertama, izinkan hari lahir Pancasila ini kami jadikan sebagai momentum untuk menghimpun energi positif bangsa, momentum untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan.

Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan, bulatkan tekad kami untuk memanggul Negara Indonesia agar menjadi negara yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berasaskan gotong-royong. Ya Allah sang maha pelindung, lindungilah bangsa kami dari wabah virus corona dan wabah yang lainnya. Jangan Engkau jadikan wabah ini sebagai azab, sebaliknya jadikanlah wabah ini sebagai ujian yang kami berhasil melewatinya. Berikanlah kami kemampuan untuk mengambil hikmah, dan peluang dibaliknya.

Ya Allah dengan kepala menunduk kami memohon, anugerahkanlah kepada pemimpin kami keteguhan iman dan taqwa, berkahilah dengan petunjuk, kekuatan dan kemampuan bersama seluruh rakyat Indonesia untuk berikhtiar demi mewujudkan indonesia maju, Indonesia yang adil makmur, di bawah perlindungan dan ampunanmu. Indonesia sebagai baldatun toyibatun warobun ghofur. Amiin.

Subscribe to receive free email updates: