Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19

Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19


Dunia dilanda musibah sejak akhir tahun 2019 dengan wabah virus corona atau Covid-19. Kebetulan pada akhir Bulan Januari sampai awal Febuari 2020 aku juga mengadakan perjalanan dengan menaiki pesawat antara KLIA dan Adisucipto Yogyakarta, namun saat itu virus corona kasusnya belum separah seperti sekarang. Saat itu pun aku sudah was-was namun penjagaan diri sendiri, disiplin dan kesadaran diri sudah aku terapkan, karena bandara adalah merupakan tempat yang disinggahi oleh banyak orang dari seluruh dunia tentu saja sangat rentan terhadap virus ini.


Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19


Untuk menganggulangi virus corona pemerintah dan masyarakat telah bekerja sama dengan mematuhi aturan protokol kesehatan atau SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk menghindari virus menular agar terputus rantai jangkitannya. Tapi buktinya seperti apa? Dalam kenyataan masih banyak orang yang ingkar mematuhinya sehingga jangkitan virus terus bertambah untuk saat ini. Semua itu berlaku di banyak negara bukan hanya di salah satu negara saja.

Memang susah untuk menangani virus yang kewujudannya tidak nyata atau tidak terlihat, dan virus ini memang mematikan untuk orang yang terjangkit dengan daya tahan tubuh atau imunnya rendah. Untuk menghindari agar kita tidak tertular, terjangkit diperlukan kesadaran diri, disiplin diri terutama saat kita bepergian setelah keluar dari rumah untuk mematuhi SOP atau protokol kesehatan yang dianjurkan oleh WHO atau pemerintah.


Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19


Aturan yang harus diterapkan, dan ini sangat penting adalah 3W:
Wash: sering mencuci tangan dengan air dan sabun.
Wear: pakai penutup muka atau masker apabila keluar rumah, bepergian kemanapun terutama saat di keramaian.
Warn: mematuhi aturan pemerintah yang dianjurkan oleh WHO dan Dep.Kesehatan secara global yaitu:
  • agar mengelakkan diri untuk bersalaman, 
  • menerapkan etika ketika batuk, bersin yaitu dengan menutup mulut apabila batuk dan bersin, 
  • secepatnya membuang tisu yang telah digunakan ke dalam tong sampah, 
  • melakukan disinfeksi, 
  • stay at home, 
  • keluar rumah kalau penting saja, 
  • dan kalau punya gejala agar secepatnya mendapatkan perawatan dokter,
  • selalu menyiapkan, menggunakan hand sanitizer kemanapun berada untuk membasmi kuman,
  • apabila berada di keramaian elakkan untuk berbicara dengan orang lain pada jarak dekat.
Untuk mengurangkan resiko jangkitan, maka disiplin dan kesadaran diri seperti yang aku tuliskan di atas memang sangat diperlukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan masyarakat agar bebas dari jangkitan virus corona. 


Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19


Kita semua menginginkan agar situasi dunia kembali normal bebas dari virus corona atau Covid-19 dan itu tergantung kedisiplinan, kesadaran diri untuk tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol-protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Di entri ini juga aku cantumkan grafik atau statistics global update kemarin tanggal 29 Juli 2020 seperti gambar-gambar di atas, semoga akan menambah kesadaran untuk Anda semua agar menerapkan disiplin diri, sungguh memprihatinkan, saat ini dunia sedang berduka harus menghadapi virus berbahaya. Kita semua mengharapkan agar virus Covid-19 cepat berlalu dan hilang dari dunia ini, semua bisa terwujud dengan disiplin dan kesadaran diri.

Post a Comment for "Disiplin dan Kesadaran Diri Dalam Menghadapi Virus Covid-19"