Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asupan Omega-3 Yang Cukup Dapat Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Anda

Asupan Omega-3 Yang Cukup Dapat Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Anda


Sebuah studi di Atherosclerosis yang diterbitkan baru-baru ini mendapati bahwa yang pertama dari perbandingan antara dua efek jenis asam lemak omega-3 adalah berbeda. Studi tersebut menemukan bahwa EPA dan DHA dapat mengurangi peradangan, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung. EPA ternyata lebih baik dari keduanya, yaitu untuk menyeimbangkan anti-inflamasi dan penyembuhan dalam tubuh.

Makan makanan yang sehat berarti mencampurkan sumber protein Anda, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi seberapa sering Anda menambahkan ikan ke dalam rotasi menu makan Anda? Selain penuh dengan lemak sehat, vitamin B, dan kalium adalah alasan lain untuk menambahkannya ke dalam makanan Anda yang bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam studi terbaru yang diterbitkan di Atherosclerosis, para peneliti mengamati bahwa asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA), adalah merupakan dua jenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan kerang. Baik EPA dan DHA sebelumnya telah didapati dapat menurunkan risiko penyakit jantung, juga mengurangi peradangan.

Ini adalah studi pertama yang membandingkan efek DHA dan EPA pada kemampuan sel darah putih untuk mematikan peradangan dan mempercepat penyembuhan, Stefania Lamon-Fava, MD, Ph.D., seorang ilmuwan di Cardiovascular Nutrition Team di Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center tentang Penuaan di Tufts University, mengatakan kepada Runner's World.

Selama uji coba dalam waktu 34 minggu, sekelompok kecil orang pertama kali yang mengonsumsi 3 gram minyak bunga matahari setiap hari (yang tidak mengandung omega-3) dijadikan sebagai perbandingan dasar. Kemudian peserta diberi suplemen minyak ikan baik yang mengandung EPA atau DHA dua kali sehari, mereka konsumsi selama 10 minggu, dengan jangka waktu 10 minggu jarak di antara mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Suplemen EPA dan DHA disiapkan oleh sebuah perusahaan yang dikhususkan dalam pembuatan minyak ikan dengan menggunakan sarden dari tambak ikan di lepas pantai Pasifik.


Asupan Omega-3 Yang Cukup Dapat Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Anda


Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3 mengalami peradangan lebih rendah, tetapi dengan hasil sedikit berbeda.

Baik EPA dan DHA bisa mengurangi produksi protein pro-inflamasi dengan mengedarkan sel darah putih, DHA-nya lebih efektif daripada EPA. Namun EPA, bukan DHA, didapati dapat mengaktifkan protein dan sel yang terlibat dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, keseimbangan anti-inflamasi dan penyembuhan lebih baik dicapai dengan EPA daripada DHA, kata Lamon-Fava.

Saat ini, American Heart Association (AHA) dan Dietary Guidelines for American menyarankan agar dua kali makan ikan (4 ons per porsi) per minggu. Namun penelitian ini dilakukan dengan dosis yang lebih tinggi dari yang bisa dicapai dengan dua kali makan ikan per minggu, jadi untuk melihat hasilnya, suplementasi mungkin diperlukan, kata Lamon-Fava.

"Peradangan adalah akar penyebab dari banyak penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular," kata Lamon-Fava. Dengan mengurangi peradangan, dalam hal ini melalui omega-3 dalam suplemen minyak ikan, perkembangan penyakit kardiovaskular dapat diperlambat.

Intinya: Tidak ada rekomendasi pasti untuk jumlah EPA atau DHA yang harus Anda miliki dalam sehari menurut National Institute of Health, tetapi pria disarankan mengonsumsi 1,6 gram dan wanita 1,1 gram omega-3 setiap hari, yang bisa mendapatkan manfaat ini jika diet Anda memenuhi rekomendasi asupan ikan mingguan yang ditetapkan oleh AHA, banyak pelari mungkin merasa diet mereka kurang. Jadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang cara menambah asupan omega-3 Anda dengan minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Post a Comment for "Asupan Omega-3 Yang Cukup Dapat Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Anda"