Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak

Beberapa Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak


Untuk kebanyakan orang, minum secangkir kopi di pagi hari adalah motivasi utama bangun dari tempat tidur, bisa memberi Anda dorongan energi, rasanya enak, dan ritual menyeruput gelas atau cawan favorit Anda akan menentukan suasana di hari itu. Kemudian Anda membuat secangkir lagi, dan tak lama kemudian, inilah saatnya minum kopi di sore hari, dst.

Meskipun minum kopi tidak selalu buruk bagi Anda, faktanya kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Kafein juga masih merupakan obat, namun konsumsi yang berlebihan dapat memicu reaksi merugikan dalam tubuh Anda.

Kelli McGrane RD mengungkapkan tentang beberapa efek minum kopi yang berlebihan. Jika Anda mengalaminya, anggap ini sebuah peringatan bahwa mungkin sudah waktunya untuk mengurangi.

Anda tidak bisa tidur nyenyak

''Meskipun kopi dapat membantu Anda bangun di pagi hari dan bisa melawan kelelahan sepanjang sore, waktu dan jumlah kafein yang dikonsumsi sepanjang hari dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur di malam hari," kata McGrane. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah besar bahkan enam jam sebelum waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Membuat Anda merasa cemas

Kopi adalah stimulan yang memicu tubuh Anda untuk masuk ke mode fight or flight. Jadi, minum kafein dalam jumlah sedang dapat menyebabkan perasaan cemas dan stres, terutama jika Anda sudah bergumul dengan gangguan kecemasan biasa. Satu studi pada pria dewasa sehat menemukan bahwa mereka yang diberi 300 mg kafein (sekitar tiga cangkir kopi) mendapati terjadinya peningkatan tekanan darah, hormon stres, dan dua kali lipat tingkat stresnya yang dilaporkan, dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.


Beberapa Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak


Anda bisa mengalami perut mulas

Mungkin Anda sudah memperhatikan ini, bahwa kopi akan membuat Anda buang air besar. Efek kafein akan mengaktifkan usus besar Anda, dan menghasilkan kebutuhan yang meningkat untuk pergi ke belakang. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, minum hanya dua atau tiga cangkir kopi sehari sudah cukup untuk menyebabkan diare dan Anda lebih baik berharap bahwa dorongan itu tidak akan muncul pada waktu yang tidak diharapkan.

Bisa menyebabkan kegelisahan

"Kegelisahan yang desebabkan oleh kopi" alias aliran energi, yang diikuti dengan crash atau benturan, adalah masalah nyata dan mungkin merupakan tanda bahwa sudah waktunya untuk mengendalikan asupan kafein Anda. "Kafein mempercepat sistem saraf pusat Anda," kata McGrane. "Akibatnya, minum kopi yang melebihi dari jumlah sedang sekitar tiga cangkir pada orang yang tidak sensitif terhadap kafein, dapat menyebabkan Anda merasa gemetar. Anda bahkan mungkin merasakan mual atau jantung berdegup kencang."

Bisa menyebabkan berat badan Anda bertambah

''Kecuali Anda meminum kopi hitam, mengonsumsi beberapa cangkir kopi dengan susu, krim, atau gula per-hari dapat menambah kalori secara bijaksana, "kata McGrane." Seiring waktu, kalori ekstra itu dapat menyebabkan peningkatan skala. "Jadi ya, bahkan jika Anda tidak memesan caramel latte dari kedai kopi, jika Anda tidak berhati-hati dengan aditif Anda, kopi yang biasa Anda seduh juga bisa berubah menjadi bom lemak dan gula. Sebagai referensi, jika Anda menambahkan 2 sendok teh gula (24 kalori) dan 1 ons krim kental (101 kalori) ke cangkir Anda dan melakukan itu dua kali sehari, terdapat 375 kalori, jadi mengurangi asupan kafein Anda mungkin hal yang baik.

Post a Comment for "Beberapa Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak"