Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Dua)

Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Dua)

Entri ini merupakan lanjutan dari entri sebelumnya yang berjudul: Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Pertama). Banyak efek positif yang dihasilkan dari meminum teh hitam dan hijau setiap hari, tapi ada juga sisi negatifnya walau tidak banyak. Yang penting kita tidak minum secara berlebihan pasti pengaruhnya baik terhadap kesehatan tubuh kita.

Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Dua)

Teh dapat melindungi Anda dari kanker kulit

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau, hitam, memberikan sejumlah senyawa bermanfaat yang dapat menangkal beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit non-melanoma. Satu studi dari American Association for Cancer Research menemukan bahwa kekuatan teh, waktu pembuatan dan suhunya dapat mempengaruhi efek perlindungan yang potensial. 

Seduh lebih lama untuk teh yang lebih kuat dan meminumnya saat panas dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih rendah. Menambahkan kulit jeruk ke dalam teh hitam panas dapat menawarkan manfaat lebih lanjut untuk melindungi dari karsinoma sel skuamosa, yaitu kanker kulit paling umum kedua menurut laporan di BMC Dermatology. Para peneliti mengatakan kulit jeruk tidak hanya mengandung konsentrasi vitamin C lebih tinggi daripada yang ditemukan di jus, tetapi juga lebih banyak bioflavonoid d-Limonene, yang telah terbukti dapat memberikan agen antitumor dalam penelitian hewan pengerat.

Menjadikan gigi Anda kuning

Teh umumnya merupakan minuman yang sangat sehat tetapi terkenal dapat menodai gigi, kata ahli diet terdaftar Bri Bell, pemilik Frugal Minimalist Kitchen. Asam dan tanin dalam teh dapat memberikan warna kekuningan pada gigi jika diminum setiap hari.

Dengan meminum teh Anda mungkin akan memiliki tulang yang lebih kuat

Beberapa cangkir teh sehari dapat menjauhkan ortopedi. Itu karena penelitian telah menemukan bahwa teh mengandung sekelompok nutrisi kuat yang dapat merangsang pembentukan tulang dan membantu memperlambat kerusakannya, juga melindungi dari osteoporosis, yang juga dikenal sebagai tulang rapuh. 

Teh hitam dan hijau terbukti bermanfaat. Dalam satu studi yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, para ilmuwan mengekspos sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas dalam kultur laboratorium terhadap tiga bahan kimia utama yang ditemukan dalam teh hijau dan menemukan bahwa satu katekin EGC atau epigallocatechin dapat memicu pertumbuhan tulang baru hingga 79%. Dalam Studi Osteoporosis Mediterania, teh hitam diidentifikasi sebagai pelindung risiko patah tulang pinggul pada pria.


Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Dua)


Beberapa teh mungkin memiliki jejak logam berat

''Minum teh setiap hari meningkatkan peluang Anda untuk menelan sejumlah besar logam berat bila terakumulasi dari waktu ke waktu," kata ahli gizi Brandon Nicholas.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa teh yang diseduh, terutama teh herbal, mungkin mengandung kadar logam berat yang tidak aman. Timbal, arsenik, kadmium, dan merkuri telah ditemukan dalam teh hitam seduh yang berasal dari China, dari kontaminan yang dijual dan udara yang mungkin terkait langsung dengan penggunaan pembangkit listrik tenaga batu bara, menurut para peneliti yang melaporkan di Journal of Toxicity.

Anda harus sering ke kamar kecil

Teh mengandung kafein, diuretik yang terkenal, yang berarti semakin banyak teh yang Anda minum, semakin besar kemungkinan Anda untuk pergi ke kamar kecil. Tetapi meskipun Anda akan lebih sering pergi, penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak perlu khawatir akan mengalami dehidrasi kecuali Anda adalah konsumen kafein yang berat (andai minum lima cangkir atau lebih sehari).

Teh bisa melindungi Anda dari kanker tertentu

Sejumlah penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa teh hitam dan hijau mengandung senyawa alami, seperti polifenol dan katekin EGCG dalam teh hijau yang dapat memberikan efek perlindungan terhadap kanker tertentu. Minum beberapa cangkir teh setiap hari, menurut penelitian, dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker kolorektal dan pankreas.

Post a Comment for "Efek Samping Minum Teh Setiap Hari (Bagian Dua)"