Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Kafein, Kopi Terhadap Tidur Anda

Pengaruh Kafein, Kopi Terhadap Tidur Anda


Kapan Anda harus berhenti minum kopi sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak? Jangan biarkan minuman favorit Anda mengganggu tidur Anda. Ikuti tips berikut ini:

Sebagai penggemar atau peminum kopi, kita harus mempelajari batasan tentang seberapa banyak kita harus minum kopi setiap hari. Seberapa banyak kita menyukai kopi, kafein, dan minuman lain seperti alkohol dan air sebenarnya mereka memiliki efek buruk pada tidur Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda tahu batasan tentang seberapa banyak kafein akan memengaruhi tidur Anda, tetapi terkadang itu tidak begitu jelas, hal itu bisa memengaruhi kualitas tidur Anda nantinya.

Menurut pakar dari Universitas Michigan, Dr. Deirdre Conroy, alkohol, kafein, dan bahkan air dapat memengaruhi kualitas tidur. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus benar-benar menghilangkan efek kopi, walau hal itu bisa memengaruhi tidur Anda.

Bagaimana kafein berinteraksi pada kualitas tidur

Anda tahu bahwa kafein membuat Anda merasa lebih terjaga dari rasa mengantuk, tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa efek dari kafein, kopi bisa bertahan selama berjam-jam setelah Anda merasakan sentakan pada awalnya. "Ia masih memiliki sifat-sifatnya yang bekerja dalam sistem Anda selama berjam-jam, bahkan setelah Anda mungkin tidak merasakan efek rangsangannya," kata Dr. Conroy. Ini berarti bahwa meskipun Anda minum kopi di sore hari dan bisa tertidur di malam hari, hal itu masih dapat memengaruhi tahap tidur Anda pada malam harinya tanpa disadari.


Pengaruh Kafein, Kopi Terhadap Tidur Anda


Efek untuk bisa bertahan dari kafein adalah karena separuh dari jumlah kafein. Menurut dokter ahli gizi Brigid Titgemeier, bahwa waktu separuh dari efek kafein adalah lima hingga tujuh jam, yang merupakan "berapa lama waktu yang dibutuhkan kafein menurut levelnya agar bisa berkurang dari tubuh Anda. Mengkonsumsi kafein atau kopi sebelum tidur telah terbukti bisa menurunkan tahap tiga hingga empat kali tidur dan menekan aktivitas gelombang lambat EEG yang dapat menyebabkan lebih banyak kelelahan di hari berikutnya."

Kapan harus berhenti minum kafein sebelum tidur?

"Setiap orang memiliki kepekaan yang sangat berbeda terhadap kafein dan orang yang mengonsumsi kafein lebih sering mungkin akan mendapat respons berbeda daripada mereka yang tidak minum kopi sama sekali," kata Dr. Conroy. "Tapi secara umum, pedoman kami adalah delapan jam sebelum tidur, Anda harus menghilangkan semua produk berkafein."

"Saya biasanya merekomendasikan penghentian kafein atau minum kopi sekitar tengah hari setiap harinya," kata Titgemeier. "Penghentian kafein ini bergantung pada setiap orang, karena respons tubuh Anda terhadap kafein sangat bergantung pada mutasi genetik Anda. Genetika seseorang dapat memengaruhi apakah mereka punya memetabolisme kafein yang cepat atau lambat."

Post a Comment for "Pengaruh Kafein, Kopi Terhadap Tidur Anda"